Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ada Tambahan Pasukan TNI Meski Status Nduga Siaga Tempur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 18 April 2023, 15:21 WIB
Tidak Ada Tambahan Pasukan TNI Meski Status Nduga Siaga Tempur
Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono didampingi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan jajaran saat konferensi pers di Timika, Papua, Selasa, 18 April 2023/Ist
rmol news logo Kenaikan status operasi di Nduga, Papua yang sebelumnya soft approach menjadi siaga tempur tidak diikuti dengan penambahan pasukan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengatakan, pihaknya hanya melakukan rotasi pasukan yang sebelumnya sudah bertugas di Papua selama hampir satu tahun.

"Saya kira tidak ada penambahan pasukan, yang ada ini adalah pasukan rotasi," kata Laksamana Yudo saat konferensi pers di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua, Selasa (18/4).

Dalam rotasi tersebut, nantinya pasukan yang sudah bertugas hampir satu tahun di Papua akan ditarik ke sejumlah daerah lainnya.

Rotasi ini pun diterapkan tidak hanya untuk daerah rawan konflik, melainkan juga berlaku untuk wilayah yang bukan termasuk daerah rawan.

"Ini juga menjadi evaluasi. Tentunya pasukan yang sudah bertugas lama, kita ganti prajurit-prajurit yang baru,” tegas Laksamana Yudo didampingi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan jajaran.

Di Nduga, Papua, Panglima telah menaikkan status operasi mejadi siaga tempur darat seiring adanya serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang telah menewaskan satu prajurit dan membuat empat orang luka tembak.

"Dengan kondisi seperti ini, khususnya di daerah tertentu, ya kita ubah operasinya menjadi operasi siaga tempur," demikian Laksamana Yudo. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA