Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT Kopassus, 71 Tahun Mengabdi untuk Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 17 April 2023, 13:54 WIB
HUT Kopassus, 71 Tahun Mengabdi untuk Negeri
Komando Pasukan Khusus (Kopassus)/Dok Kopassus
rmol news logo Pasukan elite Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus) telah berusia ke-71 tahun sejak didirikan pada 16 April 1952 lalu.

Berbagai ucapan pun turut disampaikan sejumlah tokoh atas kiprah pasukan elite kebanggaan Bangsa Indonesia ini. Salah satunya disampaikan Menteri Pertahanan RI sekaligus mantan Danjen Kopassus, Prabowo Subianto.

“Saya, Prabowo Subianto, Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Ke-15, mengucapkan selamat ulang tahun ke-71 Kopassus, seluruh rakyat Indonesia bangga padamu,” ucap Prabowo melalui video yang dikutip redaksi, Senin (17/4).

Senada dengan Menhan Prabowo, ucapan selamat juga turut disampaikan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia berharap, Kopassus terus solid dalam menghadapi segala ancaman kepada Bangsa Indonesia.

“Selamat HUT ke-71 Kopassus. Semoga semakin solid, profesional, dan terus bersinergi dengan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa guna mewujudkan cita-cita nasional Indonesia maju, berdaulat, adil, dan makmur," demikian kata Kapolri.

Informasi yang diperoleh redaksi, pasukan elite yang disegani dunia ini akan menggelar upacara HUT ke-71 hari ini, Senin (17/4). Korps baret merah ini juga direncanakan akan melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus pada 28 April mendatang.

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI No Kep/338/III/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 29 Maret, Brigjen Deddy Suryadi ditunjuk menjadi Danjen Kopassus menggantikan Mayjen Iwan Setiawan.

Kopassus sendiri memiliki tugas untuk Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Untuk OMP, Kopassus bertugas melakukan operasi intelijen khusus dan combat SAR. Sementara OMSP, bertugas anti teror hingga Operasi Anti Insurjensi, Separatisme, dan Pemberontakan (Airso). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA