Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Penyebab Pencari Suaka dan Pengungsi Melalui Laut di Indonesia Terus Bertambah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 06 April 2023, 09:45 WIB
Ini Penyebab Pencari Suaka dan Pengungsi Melalui Laut di Indonesia Terus Bertambah
Rapat Terbatas Tingkat Menteri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (5/4)/Ist
rmol news logo Jumlah pencari suaka dan pengungsi yang datang ke Indonesia melalui jalur laut semakin bertambah tiap tahunnya. Meskipun, tujuan mereka adalah ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Australia.

Menurut data yang dimiliki Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, dari 2020 hingga 2023 terdapat total 1.588 orang pengungsi dan pencari suaka yang terdampar di Indonesia.

Hal itu disampaikan Aan dalam Rapat Terbatas Tingkat Menteri di hadapan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, selaku pimpinan rapat di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (5/4).

“Sebenarnya tujuan mereka (para pengungsi) itu ke Malaysia dan Australia. Namun dikarenakan kerusakan mesin kapal atau kapal yang digunakan tidak layak, mereka mengalami kecelakaan saat berlayar di perairan Indonesia," kata Aan, melalui keterangannya, Kamis (6/4).

Mereka yang terdampar langsung diselamatkan oleh petugas yang berjaga.

“Selanjutnya setelah diselamatkan, para pengungsi diamankan ke dinas terkait di Indonesia. Namun butuh kejelasan bagaimana nasib mereka, dan bersama-sama kita temukan solusi terbaik untuk menanggulangi luapan jumlah pengungsi yang terdampar di Indonesia," papar Aan.

Sebagai salah satu upaya jangka pendek, Aan menyebut pihaknya akan melakukan pertukaran informasi yang intens dengan memanfaatkan Asean Coast Guard Forum (ACF) yang dilakukan secara terpadu.

Selain itu, Daily Briefing Bakamla RI yang dilakukan oleh Indonesian Maritime Information Center (IMIC) di Puskodal Bakamla RI juga merupakan salah satu jalur Komunikasi yang efektif, karena telah diikuti oleh 29 Kementerian/Lembaga baik di dalam maupun luar negeri.

Bukan hanya itu, data pengungsi juga dikeluarkan oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), di mana jumlah pengungsi di Indonesia mencapai 9.497 orang.

Jumlah tersebut belum termasuk pencari suaka yang berjumlah 3.213 orang. Dengan demikian total pengungsi dan pencari suaka di Indonesia mencapai 12.710 orang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA