Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Hubungan Bilateral, TNI Akan Terima Hibah 15 Rantis Bushmaster dari Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 04 April 2023, 09:57 WIB
Jaga Hubungan Bilateral, TNI Akan Terima Hibah 15 Rantis Bushmaster dari Australia
Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, dan Wamenhan M. Herindra melakukan rapat bersama DPR RI/Ist
rmol news logo Mabes Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menerima Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan  (Alpalhankam) dari Australia. Yaitu 15 unit Rantis Bushmaster hibah dari Angkatan Bersenjata Australia.

Hal tersebut itu dibahas oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI  M. Herindra saat rapat kerja di DPR RI, Senin kemarin (3/4).

Dalam rapat kerja tersebut, Pemerintah Australia berencana menghibahkan 15 unit Rantis Bushmaster (kondisi refurbished), beserta peralatan pendukungnya. Terdiri dari 13 tipe Troops, 1 tipe Command, 1 tipe Ambulance, serta spare parts pendukung.

Tidak hanya unit Alpalhankam, Angkatan Bersenjata Australia juga akan memberikan beberapa pelatihan mulai 22 Mei 2023 sampai 7 Juli 2023 mendatang.

Dari hibah Alpalhankam ini, Yudo berharap para prajurit dapat meningkatkan kesiapan operasional PMPP TNI dalam rangka mendukung operasi perdamaian dunia.

“Penerimaan hibah ini akan menjaga hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang pertahanan dan operasi perdamaian juga, hibah tersebut akan mengurangi pengalokasian dana pemeliharaan dari item yang sama bagi PMPP TNI untuk jangka waktu tiga sampai lima tahun ke depan, sehingga menghemat anggaran negara yang dialokasikan untuk PMPP TNI," papar Panglima TNI.

Rantis Bushmaster merupakan kendaraan taktis yang cocok digunakan untuk medan padang pasir, yang dapat mengangkut hingga 8 pasukan bersenjata lengkap.

Bagian bawah kendaraan didesain menggunakan V hull, untuk meminimalkan dampak akibat ledakan ranjau darat (Mine Blasting).

Bahkan, kendaraan ini juga memiliki kemampuan Anti Blasting dari bahan peledak sampai dengan 10 kg dan antibalistic terhadap amunisi kaliber 7,62 mm, serta dapat dilengkapi dengan peralatan Anti Jammer Electronic Counter Measure (ECM). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA