Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pererat Hubungan, TNI AL Kirim 2 KRI untuk Latihan Bersama dengan Angkatan Laut Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 31 Maret 2023, 08:40 WIB
Pererat Hubungan, TNI AL Kirim 2 KRI untuk Latihan Bersama dengan Angkatan Laut Prancis
TNI AL menyiapkan 2 KRI untuk latihan bersama Angkatan Laut Prancis/Ist
rmol news logo Kerja sama antara TNI Angkatan Laut RI dengan Angkatan Laut Prancis terus ditingkatkan dengan melakukan latihan bersama. Kedua pihak sama-sama mengerahkan 2 kapal perang dalam latihan bersama yang dilakukan di perairan Jakarta, Kamis (30/3).

TNI AL mengerahkan KRI Bung Tomo-357 dan KRI Bubara-868, sementara AL Perancis membawa LHD Dixmude (L9015) dan La Fayette (F 710).

Komandan Guspurla Koarmada I, Laksma TNI Heri Triwibowo, yang onboard di atas KRI Bung Tomo-357 ditunjuk sebagai pengendali taktis  latihan.

Dalam menjalankan tugasnya, Heri memastikan rangkaian kegiatan latihan dapat terlaksana dengan aman dan lancar, sesuai prosedur, juga memperhatikan keamanan personel dan materiil.

Heri mengungkapkan, kegiatan Passing Exercise (Passex) semacam ini merupakan momen penting sebagai salah satu implementasi dari peran TNI AL dalam diplomasi angkatan laut.

“Passex tersebut sebagai media menjalin komunikasi dan saling pengertian, melatih kerjasama antarpersonel kedua pihak, dan meningkatkan profesionalitas prajurit, serta mempererat sesama brotherhood," papar Heri melalui keterangannya, Jumat (31/3).

Nantinya, Kapal Perang LHD Dixmude (L9015) dan La Fayette (F 710) akan berada di Indonesia selama beberapa waktu sebagai bagian dari misi "Jeanne d’Arc”, yakni pelayaran keliling dunia selama 5 bulan.

Terakhir, lanjut Heri, misi kerja sama ini merupakan tahap penutup pelatihan akademis para perwira siswa Akademi Angkatan Laut yang ada di Prancis. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA