Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI AL Dan Angkatan Bersenjata Australia Komitmen Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 20 Maret 2023, 22:55 WIB
TNI AL Dan Angkatan Bersenjata Australia Komitmen Tingkatkan Kerjasama Pertahanan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond/Ist
rmol news logo Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond mengunjungi Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (20/3).

Kedatangan Mark disambut hangat oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Dalam pertemuan tersebut sejumlah poin penting guna meningkatkan kerjasama khususnya antara Angkatan Laut kedua negara.

Salah satunya, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang merupakan latihan Angkatan Laut secara multilateral, berisi materi latihan non-perang dengan mengedepankan kerjasama maritim antar negara peserta latihan.

Adapun materi latihan yang diberikan, penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan guna mempererat hubungan antara TNI AL dengan negara-negara sahabat untuk mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan.

“TNI Angkatan Laut akan segera menggelar 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, tentunya kami sangat berharap Australia sebagai salah satu negara sahabat yang ada di kawasan, dapat ikut serta dan berpartisipasi dalam latihan yang akan digelar pada Juni mendatang,” ucap Muhammad Ali.

Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond pun merespon positif rencana TNI AL tersebut. Menurutnya MNEK 2023 yang akan digelar di wilayah Makassar nanti akan membantu melatih kewaspadaan Angkatan Laut dalam merespon bencana alam yang mungkin terjadi kapan dan di mana saja.

Selain pelaksanaan latihan MNEK 2023 juga dilaksanakan International Maritime Security Symposium (IMSS) dan International Fleet Review (IFR).

Rangkaian kegiatan dalam MNEK juga akan digelar sejumlah kegiatan meliputi pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP), bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (MEDCAP), parade kota, program budaya, pameran maritim, program kuliner, hingga pelaksanaan sailing pass dari kapal-kapal seluruh negara yang turut serta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA