Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Kasus Morowali Utara Terulang, Panglima TNI Bentuk Satgas Smelter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 10 Februari 2023, 08:52 WIB
Cegah Kasus Morowali Utara Terulang, Panglima TNI Bentuk Satgas Smelter
Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono/Net
rmol news logo TNI dan Polri akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengaman smelter di berbagai wilayah di Indonesia untuk menghindari insiden kerusuhan seperti di Morowali Utara, Sulawesi Tengah terulang.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengatakan, pembentukan Satgas Smelter tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat Rapat Pimpinan (Rapim) TNI di Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan, Kamis (9/2).

"Di masing-masing smelter harus ada Satgas TNI-Polri yang setiap saat bisa memantau, mengamankan, dan minimal bisa mengawasi kegiatan manajerial di situ," kata Yudo.

Bahkan, Yudo meminta para Panglima Daerah Militer (Pangdam) berkoordinasi dengan direktur di masing-masing perusahaan yang terdapat smelter.

Tujuannya untuk memastikan tidak ada penerapan manajemen yang menyalahi aturan. Apalagi, banyak smelter yang di dalamnya terdapat pekerja asing.

"Smelter kan banyak melibatkan asing, jangan sampai orang asing ini menerapkan manajemennya seperti di sana (negara mereka). Ingat, ini adalah di Indonesia. Indonesia dengan tenaga kerja yang memiliki kearifan lokal masing-masing," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA