Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Penyelundupan dan Cuaca Ekstrem "PR" KSAL Baru

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Rabu, 28 Desember 2022, 14:31 WIB
Penyelundupan dan Cuaca Ekstrem 
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist
Sejumlah pekerjaan rumah menanti Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru Laksamana TNI Muhammad Ali.

Bukan hanya soal Indonesia yang akan memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024, namun Ali diminta untuk lebih fokus menjaga kedaulatan negara terutama di pulau-pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan wilayah perairan.

Salah satunya, adalah penyelundupan barang-barang berharga ilegal, narkoba, serta lainnya.

"Kalau masalah kerawanan lain adalah penyelundupan. Bapak Presiden juga menekankan untuk mencegah atau menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya," kata Ali usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12).

Selain itu, Ali juga tak menampik faktor cuaca saat ini sedikit banyak mempengaruhi lalu lintas kendaraan seperti kapal barang dan penumpang di perairan Indonesia.

Dia pun mengaku sudah menyiapkan antisipasi terkait memburuknya cuaca di sekitar perairan Indonesia di rentan waktu Desember hingga Februari mendatang.

"Kalau bulan-bulan ini kan cuaca. Cuaca yang kurang bersahabat di bulan Desember ini," ucap Ali.

Terakhir, Ali menyampaikan, dia juga diminta Presiden Joko Widodo untuk fokus menjaga wilayah perbatasan yang berada di pulau terluar.

"Jadi dari bapak presiden sudah ditekankan bahwa penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut, terutama di wilayah perbatasan di mana saja. Tidak hanya di Laut China Selatan, pokoknya di seluruh perbatasan laut harus ditingkatkan baik penegakan kedaulatan maupun penegakan hukum," terang Ali.

Presiden Joko Widodo resmi Ali resmi dilantik menjadi KSAL menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang menjadi Panglima TNI.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin langsung Joko Widodo dengan disaksikan Wakil Presiden Maruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta pejabat tinggi lainnya.

Sebelum menjabat sebagai KSAL, Ali kerap menempati posisi strategis di matra TNI Angkatan Laut.  Jabatan terakhirnya sebelum diangkat adalah KSAL, yakni Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Selain itu, dia pernah menjadi ajudan Wapres RI Boediono (2012-2014) serta pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut dan Asrena KSAL.

ARTIKEL LAINNYA