Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bertemu di Hanoi, Bakamla RI dan China Coast Guard Sepakat Kerjasama Harus Ditingkatkan

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 11 Desember 2022, 07:29 WIB
Bertemu di Hanoi, Bakamla RI dan China Coast Guard Sepakat Kerjasama Harus Ditingkatkan
Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bertemu China Coast Guard di Hanoi/Net
Peningkatan kerjasama jadi pokok bahasan utama saat Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bertemu China Coast Guard dilakukan di Hanoi, Vietnam pada Sabtu (10/12). Perbincangan ini melibatkan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Director General China Coast Guard Mayor Jenderal Yu Zong.

Sebagaimana keterangan tertulis dari Bakamla, Minggu (11/12), pertemuan antar dua kepala lembaga penegak hukum yang dilaksanakan dalam kegiatan “1st Vietnam Coast Guard and Friends” itu dilaksanakan dalam suasana yang hangat dan bersahabat.

Baik Bakamla RI dan China Coast Guard sepakat bahwa kerjasama perlu ditingkatkan di masa depan. Hal ini dilandasi oleh MoU antara pemerintah RI dan China yang ditandatangani pada tahun 2021 lalu tentang peningkatan keamanan maritim.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam pembukaannya mengatakan bahwa dalam era globalisasi saat ini, kerjasama maritim di kawasan sangat dibutuhkan karena karakter ancaman maritim yang dominan bersifat lintas batas.

“Kerjasama antar lembaga penegak hukum negara-negara didunia harus terus ditingkatkan dan dikembangkan dalam rangka mengantisipasi dinamika ancaman maritim,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Direktur Jenderal China Coast Guard Mayjen Yu Zong mengamini dan mendorong peningkatan kerjasama antara Bakamla RI dan China Coast Guard. Menurutnya, kerjasama ini merupakan implementasi dari MoU antar kedua negara,

Dia juga mengapresiasi keberhasilan Bakamla RI dalam penyelenggaraan ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali, bulan lalu.

ARTIKEL LAINNYA