Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gubernur Lemhanas Bocorkan Tanda-tanda Memasuki Era Geo V

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 14 November 2022, 19:30 WIB
Gubernur Lemhanas Bocorkan Tanda-tanda Memasuki Era Geo V
Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto/Net
Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto membocorkan tanda-tanda memasuki Era Geo V saat menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk “Peran Indonesia dan G20 dalam Geopolitik Dunia dan Stabilitas Keamanan Asia Pasifik” di Lemhanas, Jakarta, Senin (14/11).

Salah satu tanda diantaranya, kata Andi ialah ketidakpastian dinamika geopolitik global dan muncul aktor-aktor besar yang menjadi penantang eksistensi negara adidaya.

"Di era Geo V, konektivitas menjadi aspek yang berupaya dibangun untuk menyebarkan pengaruh di tingkat global. Era Geo V juga ditandai oleh perkembangan teknologi masif dan perluasan spektrum ancaman,” beber Andi.   

Populasi penduduk dunia yang menjadi proyeksi demografi, kata Andi, diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2050 mendatang. Namun, laju pertumbuhan manusia di dunia akan menurun.

"Pertumbuhan tertinggi diproyeksikan terjadi di Afrika Sub-Sahara. Asia Selatan-Tengah diproyeksikan akan menjadi kontributor terbesar populasi penduduk global,” katanya.

"Di sisi lain, Asia Timur-Tenggara serta Eropa-Amerika Utara diprediksi akan mengalami stagnasi bahkan penurunan populasi penduduk,”imbuhnya.

Sementara itu, terkait populasi penduduk Indonesia diproyeksikan masih akan meningkat sampai 2045 dan harus dimanfaatkan oleh Indonesia untuk meraup keuntungan terutama dalam bidang ekonomi.

"Tahun 2028-2030 diprediksi akan akan menjadi periode dengan rasio ketergantungan terendah. Periode ini menjadi peluang bonus demografi yang harus dimanfaatkan,”demikian Andi.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA