Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amankan Gelaran KTT G20, TNI Sebar Sniper di Sejumlah Titik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 11 November 2022, 21:55 WIB
Amankan Gelaran KTT G20, TNI Sebar Sniper di Sejumlah Titik
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan KTT G20/Ist
rmol news logo Untuk memastikan kondisi aman saat berlangsungnya pertemuan KTT G20 di Bali, TNI menyebar penembak jitu jarak jauh alias sniper di sejumlah lokasi yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai.

"Untuk pengamanan di GWK dan Tahura Ngurah Rai ditempatkan sejumlah sniper," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat mengecek Tahura Ngurah Rai, Jumat (11/11).

Dua tempat itu, diketahui merupakan tempat pertemuan petinggi dunia. Adapun GWK akan menjadi tempat jamuan makan malam kepala negara dan delegasi. Sementara Tahura Ngurah Rai juga bakal dikunjungi kepala negara dan delegasi.

Andika menjelaskan, di GWK, sniper bakal ditempatkan di enam titik. Sedangkan di Tahura Ngurah Rai ada dua titik yang ditempati penembak jitu. Perbedaan jumlah sniper yang ditempatkan ini, kata Andika dinilai dari lokasi dan kondisi di lapanganya.

"Situasi yang berbeda membuat penilaiannya kita juga berbeda," ujar Andika.

Karena di Tahura Ngurah Rai ini, jelas Andika lokasinya dikelilingi hutan mangrove dan tempatnya terbuka dan juga ada track yang harus dilewati. Selain sniper, kendaraan lapis baja juga bakal dikerahkan di Tahura Ngurah Rai.

"Karena proteksi alam ini sedikit, artinya bangunan itu proteksi alam sedangkan di sini mulai dari tempat cukup terbuka. Kemudian, nanti acara di track menuju ke area mangrove juga terbuka," paparnya.

Dia menambahkan, sejauh ini persiapan pengamanan KTT G20 sudah mencapai 99 persen tinggal 1 persen yang perlu disempurnakan.

"(Sudah) 99 persen yang satu persen ini penghalusan saja masing-masing orang ini, benar-benar paham dan semua yang digelar benar-benar sudah lengkap. Mungkin besok sore sudah 100 persen," pungkasnya. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA