Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berjuang dalam Pepera, Danrem PWY: Ramses Ohee Layak Diusulkan Sebagai Pahlawan dari Papua

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 10 November 2022, 23:35 WIB
Berjuang dalam Pepera, Danrem PWY: Ramses Ohee Layak Diusulkan Sebagai Pahlawan dari Papua
Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI J.O. Sembiring saat kunjungan silaturahmi ke keluarga pejuang Pepera Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua/Ist
Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI J.O. Sembiring memanfaatkan momen Hari Pahlawan melakukan kunjungan silaturahmi ke keluarga pejuang Pepera Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11).

Kunjungannya ini sekaligus untuk melaksanakan ziarah ke makam Pejuang Pepera Ramses Ohee yang berada di halaman rumah besar Ondoafi Waena Ke-VII Richard Herman Morouw Ohe tersebut.

Usai ziarah, Sembiring mengatakan bahwa sosok Ramses Ohee layak masuk daftar Pahlawan Papua. Dari semua syarat kategori Pahlawan Nasional, Ramses Ohee merupakan Pahlawan yang berjuang dari sisi politik dalam kejadian Pepera.

Pepera atau Penentuan Pendapat Rakyat adalah pemilihan umum yang diadakan pada tanggal 14 Juli–2 Agustus 1969 untuk menentukan status daerah bagian barat Pulau Papua, antara milik Belanda atau Indonesia. Sebanyak 1.025 laki-laki dan perempuan yang diseleksi oleh militer Indonesia secara aklamasi memilih bergabung dengan Indonesia.

Lewat perjuangan yang dipimpin Ondoafi Ramses Ohee, kemudian lahir 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus (Otsus) yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP).

“Apa yang kita dapatkan saat ini tidak lepas dari perjuangannya sehingga beliau layak diusulkan sebagai seorang pahlawan dari Tanah Papua,” kata Sembiring dalam keterangan tertulis.

Selama hidupnya, kata dia, Ramses Ohee secara total membela Negara Kesatuan Republik Indonesia di Bumi Cenderawasih. Bahkan, sebagai kecintaannya terhadap NKRI, Ramses Ohee mendirikan organisasi yang diberi nama Barisan Merah Putih (BMP) yang bermarkas di Kota Jayapura.

"Organisasi ini berperan aktif untuk memberikan dukungan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Papua,” sambung Sembiring.

Menurutnya, sosok Ramses Ohee merupakan seorang pejuang yang patut diteladani karena selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatannya sehari-hari selama hidupnya. Selama hidupnya banyak memberi teladan yang baik bagi para generasi muda Papua untuk kesatuan bangsa Indonesia.
 
Dia pun meminta dan mengajak pemuda Papua untuk berkaca pada perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan dengan susah payah.

"Perjuangan terkini adalah bagaimana kaum muda mempersiapkan diri menghadapi perkembangan global saat ini," tegasnya.

"Perbanyak pengalaman diberbagai bidang terutama kecakapan dan keahlian hidup sehingga bisa merdeka dalam kehidupan yang hakiki dan ikut berperan serta membangun SDM dan kesejahteraan di tanah Papua," demikian Sembiring.

ARTIKEL LAINNYA