Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Indo Defence 2022 Jadi Ajang Unjuk Gigi RCWS Respati Karya Anak Bangsa

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 02 November 2022, 22:57 WIB
Indo Defence 2022 Jadi Ajang Unjuk Gigi RCWS Respati Karya Anak Bangsa
Remote Control Weapon System (RCWS) Respati/Ist
Pameran pertahanan berupa Indo Defence 2022 Expo & Forum turut menjadi ajang PT Respati Solusi Rekatama menunjukkan produk Remote Control Weapon System (RCWS).

Sebuah sistem kendali jarak jauh tersebut dapat dilengkapi dengan senjata kaliber 12,7 milimeter atau 7,62 milimeter dan dapat dipasang pada kendaraan lapis baja maupun bangunan untuk melindungi personel.

Direktur Utama PT Respati Solusi Rekatama, Dhita Yudistira mengatakan, RCWS Respati merupakan satu-satunya RCWS yang murni dirancang dan dikerjakan oleh anak bangsa 100 persen.

"Sebagai bagian industri pertahan dalam negeri, kami telah melakukan produksi massal dan siap ambil bagian dari kemandirian pertahanan Republik Indonesia," kata Dhita dalam pameran bertema 'Peace, Prosperty, Strong' di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

RCWS Respati merupakan produk tersertifikasi dan lulus uji oleh Dislitbang TNI AD dan telah melalui First Article (FA) dari program pengembangan industri pertahanan (Bangtekindhan) Kementerian Pertahanan RI.

Di sisi lain, Komisaris Utama PT Respati, Sandi Mandela Simanjutak menegaskan bahwa adanya RCWS Respati makin menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap industri pertahanan dalam negeri makin nyata.

Sebab kekuatan pertahanan Indonesia diukur dari sejauh mana industri pertahanan mandiri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"RCWS Respati adalah bentuk komitmen kami terhadap kemandirian industri pertahanan," tutur Sandi.

Indo Defence 2022 Expo & Forum digelar selama 2 hingga 5 November 2022 mendatang. Event dua tahunan ini akan dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori pengunjung terbatas yang ditujukan kepada trade visitors dan profesional selama 2 hingga 4 November 2022.

Sedangkan untuk kategori pengunjung umum akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2022.

Dalam pameran akbar ini, hadir ratusan produsen persenjataan, baik dalam dan luar negeri. Event ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo; Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto; Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa; hingga perwakilan delegasi dari 31 negara.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA