Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tingkatkan Kerjasama, TNI AL dan Prancis Akan Gelar Latihan Militer Tahun Depan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 20 Oktober 2022, 13:38 WIB
Tingkatkan Kerjasama, TNI AL dan Prancis Akan Gelar Latihan Militer Tahun Depan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Chief of Staff of the French Navy Admiral Pierre Vandier/Net
Indonesia dan Prancis telah berkomitmen untuk memperkuat kerjasama di antara angkatan laut, termasuk menggelar latihan bersama.

Hal itu menjadi poin dari pertemuan bilateral antara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dengan Chief of Staff of the French Navy Admiral Pierre Vandier usai pembukaan Euronaval 2022 di Paris Le Bourget, Prancis, Selasa (18/10).

Selama pertemuan, Laksamana Yudo mengatakan TNI AL akan selalu siap untuk meningkatkan kerjasama dengan AL Prancis. Dengan adanya interaksi tersebut, diharapkan ada peluang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bidang operasi, terutama dalam hal pengamatan dan pendeteksian maritim, baik pada kapal permukaan atau pun bawah permukaan.

Lebih lanjut, Laksamana Yudo juga menyampaikan keinginan TNI AL untuk meningkatkan hubungan dalam hal kapasitas bidang latihan bersama, serta menginisiasi adanya kerjasama bidang survei dan hydrografi dengan Prancis.

Terkait dengan keamanan dan stabilitas di Pasifik, keduanya sepakat untuk bekerja sama meningkatkan perannya.

Sementara itu, Admiral Pierre Vandier menawarkan bentuk kerjasama latihan bersama Passex dengan Gugus Tugas Armada Angkatan Laut Prancis. Latihan ini akan dilakukan ketika mereka melintas di perairan Indonesia, yang dijadwalkan pada Maret 2023 mendatang.

Selain melakukan menghadiri Euronaval 2022 dan pertemuan bilateral, Laksamana Yudo dan delegasi TNI AL juga mengunjungi beberapa produsen teknologi sensor dan senjata Prancis. Mereka juga menerima pemaparan tentang perkembangan teknologi terbaru dari beberapa produsen seperti MBDA Missile System, Thales, Damen, Naval Group, hingga Abeking & Resmussen.

ARTIKEL LAINNYA