Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Antisipasi Perang Rusia-Ukraina, Prabowo: Kami Bertekad Perkuat Pertahanan, dan Inilah Kunci

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 16 Juni 2022, 21:06 WIB
Antisipasi Perang Rusia-Ukraina, Prabowo: Kami Bertekad Perkuat Pertahanan, dan Inilah Kunci
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Net
Saat berbicara di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022, yang dihadiri para pemimpin negara sahabat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menekankan bahwa cara pandang Indonesia ialah defensif.

Hal ini, ditegaskan oleh Prabowo sebagai respons atas perang antara Rusia dengan Ukraina yang hingga saat ini masih berlangsung.

Menurut Prabowo, situasi tersebut memberikan pelajaran kepada negara-negara Asia termasuk Indonesia ialah jangan pernah mengabaikan keamanan dan kemerdekaan.

“Oleh karena itu, kami bertekad untuk memperkuat pertahanan kami. Dan inilah kunci. Padangan kami adalah pandangan defensif. Kami telah menyatakan bahwa kami akan mempertahankan wilayah kami dengan segala cara yang kami miliki,” kata Prabowo dalam forum tersebut dikutip, Kamis (16/6).

Terkait perpolitikan global, Prabowo mengatakan ada persaingan antara kekuatan baru dengan kekuatan yang sudah terbangun. Di Asia, lanjutnya, ada China yang merupakan negara kuat selama ribuan tahun.

"Kita memahami persaingan dengan kekuatan global yang baru dibangun, dengan kekuatan global yang sudah terbangun. Tetapi di Asia, China selalu menjadi kekuatan besar selama ribuan tahun," pungkas Prabowo.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA