Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu Lemhanas Inggris, BNPT Ajak Perkuat Penanggulangan Terorisme

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 25 Mei 2022, 14:59 WIB
Bertemu Lemhanas Inggris, BNPT Ajak Perkuat Penanggulangan Terorisme
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar dan Komandan RCDS Letnan Jenderal George Norton/RMOL
Kerja-kerja penanganan ideologi terorisme dan radikalisme di Indonesia menarik perhatian Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Inggris untuk berkunjung ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kunjungan Lemhanas Inggris atau Royal College of Defense Studies (RCDS) yang berlangsung di Jakarta, Selasa kemarin (24/5), disambut langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar bersama Deputi Bidang Kerja Sama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto.

Dalam keterangannya, Boy Rafli menerangkan, penyebaran ideologi-ideologi terorisme dan radikalisme berkembang sangat cepat. Sehingga perlu bagi aparatur negara dan semua lembaga nasional maupun internasional untuk membangun kerja sama demi memutus penyebaran terorisme dan radikalisme.

"Ini (terorisme) adalah kejahatan transnasional, kejahatan luar biasa. Maka dari itu kita membangun ketahanan masyarakat bersama-sama untuk melawan terorisme dari semua kalangan. Kita membangun persatuan untuk berperang melawan terorisme," ujar Boy Rafli dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (25/5).

Menurut Boy Rafli, terorisme ibarat virus Corona yang harus diantisipasi semua masyarakat. Saah satu caranya adalah dengan menemukan vaksin agar penyebaran yang terjadi bisa tertanggal dengan baik.

"Layaknya vaksin virus corona yang digunakan untuk memberantas dan mencegah terjadinya penyebaran paham paham radikalisme dan terorisme," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan RCDS Letnan Jenderal George Norton juga melihat pentingnya pertemuan tersebut, karena BNPT dan Inggris bisa menjadi landasan penting dalam memperkuat kerjasama penanggulangan terorisme kedua negara itu.

"Terima kasih kepada BNPT yang telah memfasilitasi kunjungan kami. Penerimaan kunjungan ini akan memperkuat kerjasama penanggulangan terorisme antara Indonesia dan Inggris," tambahnya.

ARTIKEL LAINNYA