Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perkuat Kerjasama Militer, Jenderal Andika Bertemu Komandan Indo-Pasifik AS

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 12 April 2022, 17:53 WIB
Perkuat Kerjasama Militer, Jenderal Andika Bertemu Komandan Indo-Pasifik AS
Pertemuan Jenderal Andika dengan komandan Indo-Pasifik AS, Admiral John Aquilino/Puspen TNI
Dalam rangka memperkuat hubungan kerjasama di bidang militer antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan pertemuan dengan Commander US Indo-Pacific Command, Admiral John Aquilino.

Dalam pertemuan yang didokumentasikan dan dipublikasi di akun Instagram Pusat Penerangan (Puspen) TNI pada Senin (11/4), Jenderal Andika bertemu langsung dengan Admiral John Aquilino beserta delegasi dari AS.

"Laksamana John Aquilino dan delegasi dari Amerika, terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk datang ke Indonesia, dan khususnya untuk melihat apa yang telah dikerjakan Laksamana Smith di tahun lalu, kami akan berbicara dan menginformasikan kembali kepada anda, dan saya sangat mengapresiasi Admiral Smith dan pemerintahan Amerika Serikat," ujar Jenderal Andika seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/4).

Dalam pertemuan ini, membicarakan tentang kerjasama yang akan tercipta untuk menjaga pertahanan dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Admiral John Aquilino merupakan komandan ke-26 Komando Indo-Pasifik AS yang merupakan komando tempur tertua dan terbesar di AS, yang juga bertanggungjawab atas semua kegiatan militer AS di kawasan Indo-Pasifik. USINDOPACOM membawahi tak kurang dari 380 ribu prajurit dari tiga matra di militer AS.

"Kerjasama di kawasan Indo-Pasifik dirasa sangat penting karena meliputi beberapa wilayah strategis untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan. Panglima TNI berhasil kerjasama dengan USINDOPACOM dapat melahirkan berbagai hasil konkret termasuk dalam bentuk latihan bersama ataupun dalam hal pertahanan dan keamanan," bunyi tulisan yang ada dalam postingan video pertemuan ini.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA