Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bakamla RI Minta Pemerintah Ikut Proaktif Menjaga Keamanan Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 15 Oktober 2021, 08:59 WIB
Bakamla RI Minta Pemerintah Ikut Proaktif Menjaga Keamanan Laut
Direktur Strategi Kamla Bakamla RI, Laksma Bakamla Joko Sutrisno/Ist
rmol news logo Kerja sama antarkementerian dan lembaga kemaritiman dilakukan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dalam upaya memperkuat keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Direktur Strategi Kamla Bakamla RI, Laksma Bakamla Joko Sutrisno menjelaskan, ancaman keamanan laut yang semakin kompleks cenderung melibatkan lintas sektor dan lintas negara.

"Kami berusaha mendorong pemerintah Indonesia lebih aktif dalam menjaga kepentingan nasional di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia sekaligus mengelola stabilitas keamanan laut di kawasan," kata Laksma Bakamla Joko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/10).

Bakamla RI pun telah menggelar rapat kerja ini bersama kementerian lembaga di sektor kemaritiman untuk mendukung rancangan strategi kolaborasi pengawasan terhadap pelaksanaan hak lintas kapal asing.

Menurutnya, sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan pemantauan, pengawasan, dan penjagaan keamanan laut penting agar tetap sejalan dengan ketentuan hukum nasional dan konvensi internasional.

:Identifikasi sumber daya dapat dilakukan guna mendukung implementasi dua rancangan strategi keamanan laut," tutur Joko. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA