Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perkuat Keamanan Maritim, Bakamla-Unhan Berkolaborasi

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 30 September 2021, 01:34 WIB
Perkuat Keamanan Maritim, Bakamla-Unhan Berkolaborasi
Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian/Ist
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama dengan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sepakat memperkuat potensi Keamanan Maritim dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman atau MoU.

Adapun tujuan kesepakatan ini mengacu kepada nilai luhur untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan potensi kemaritiman nasional. Lebih spesifik lagi, kerja sama ini juga mengedepankan pengembangan keamanan maritim yang menjadi domain tugas Bakamla RI sebagai lembaga penegak hukum.

Di sisi lain, hal ini juga sejalan dengan misi Unhan RI untuk senantiasa mengembangkan ilmu pertahanan. Sehingga secara nyata dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, khususnya dalam konteks kemaritiman.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan, tantangan tugas di lingkungan maritim semakin dinamis, terutama bila memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis di kawasan saat ini. Jika tidak segera ditanggapi, tantangan tersebut berpotensi menciptakan instabilitas dan membawa resiko pada keamanan nasional.

“Oleh sebab itu, perlu adanya kebijakan dan strategi keamanan nasional yang mampu menjawab setiap ancaman di Indonesia”, ucap Laksdya TNI Aan Kurnia saat sambutan dalam penandatanganan MoU di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/9).

“Kebijakan dan strategi yang holistik hanya dapat dihasilkan dari sinergi pihak terkait, khususnya dalam lingkup akademisi dan praktisi yang saling memberi kontribusi secara rekursif”, lanjutnya.

Diharapkan dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, dapat menghasilkan kebijakan dan strategi pertahanan yang kuat dan fleksibel dalam lingkup keamanan maritim.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian dan dihadiri oleh jajaran petinggi dari Unhan RI, seperti Warek III Bid. Kerjasama dan Kelembagaan Laksda TNI  Suhirwan Karo Akademik Dan Kemahasiswaan Laksma TNI I Nengah Putra Apriyanto, Kabag Kerjasama Biro AK Kolonel Lek Rujito D. Asmoro.

Serta jajaran pejabat tinggi Bakamla RI yakni Deputi Jakstra Laksda Bakamla Bakamla Tatit E. Witjaksono, Direktur Kerja sama Laksmana Bakamla Sandy M Latef, Kepala Biro Umum Bakamla Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono dan Kepala UPH Laksma Bakamla Iman Wahyudi.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA