Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perpindahan IKN ke Kaltim Berdampak pada Postur Pertahanan TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 18 September 2021, 07:21 WIB
Perpindahan IKN ke Kaltim Berdampak pada Postur Pertahanan TNI
Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Imran Baidirus/Ist
rmol news logo Pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur dari sudut pandang pertahanan dan keamanan memiliki dampak strategis, yaitu berpindahnya center of gravity atau pusat kekuatan strategis nasional dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur juga memiliki arti strategis bagi pembangunan postur pertahanan TNI, salah satunya dalam menghadapi ancaman dan serangan siber," kata Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Imran Baidirus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9).

Saat ini, di Indonesia telah terbentuk Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien.

Pertahanan dan keamanan negara merupakan salah satu hal mendasar dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara. Dalam paradigma konvensional, usaha pertahanan dan keamanan negara diartikan sebagai  mempertahankan negara baik di darat, laut maupun udara.

Namun saat ini, paradigma tersebut telah berubah seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi.

"Salah satu realitas baru di era digital saat ini adalah hadirnya wilayah nonfisik yang dikenal sebagai ruang siber (cyber space) yang tercipta karena adanya teknologi internet, di mana interaksi antarmasyarakat terjadi secara virtual dan melampaui lintas batas negara," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA