Farah.ID
Farah.ID

Agar Tak Berdampak ke Indonesia, BIN Menyusup ke Taliban

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 01 September 2021, 21:28 WIB
Agar Tak Berdampak ke Indonesia, BIN Menyusup ke Taliban
Kelompok Taliban/Net
Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkap selama ini telah melakukan operasi penyusupan ke sejumlah kelompok di berbagai negara, termasuk Taliban di Afghanistan. Tujuannya, agar tidak melebar hingga ke Indonesia.

Demikian dikatakan Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto saat menjadi pembicara diskusi yang digelar Partai Gelora, Rabu (1/9).

"Maka sebelum perang terjadi maka kita perkuat ini diplomasi dari seluruh elemen. Kita menyusup ke seluruh kelompok-kelompok perlawanan, termasuk Taliban sendiri," kata Wawan.

Selain Taliban, Wawan enggan mengungkap kelompok-kelompok perlawanan mana saja yang ada di negara lain telah disusupi oleh BIN. Dia hanya menegaskan bahwa, Indonesia tak ingin terjadi perpecahan yang berdampak pada gangguan stabilitas keamanan.

Terlebih, tak sedikit warga Indonesia yang terpancing ketika melihat kondisi Timur Tengah yang kerap kali bergejolak. Itu terjadi karena merasa ada ikatan religi yang sama.

"Sekarang kita bergerak menyusupkan teman-teman kita kepada kubu lawan-lawan itu di berbagai negara. Untuk apa? Untuk bareng-bareng menjaga," kata dia.

Disisi lain, kata Wawan, BIN juga telah melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap jaringan teroris di Indonesia yang memiliki kedekatan ideologi dengan Taliban.

"BIN bersama jajaran intelijen melakukan langkah antisipatif dengan memperkuat deteksi dini dan cegah dini terutama kepada kelompok teroris yang memiliki kedekatan ideologis dan jaringan dengan Taliban," pungkas Wawan.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA