Farah.ID
Farah.ID

Sebagai Negara Non-Blok, Indonesia juga Perlu Latihan Militer Bareng China dan Rusia

LAPORAN: DARMANSYAH
  • Jumat, 06 Agustus 2021, 15:21 WIB
Sebagai Negara Non-Blok, Indonesia juga Perlu Latihan Militer Bareng China dan Rusia
Latihan bersama Garuda Shield ke-15/Net
Latihan bersama antara TNI dan militer Amerika Serikat dalam Garuda Shield ke-15 tahun 2021 perlu ditindaklanjuti dengan menggelar latihan bareng negara lain.

Ditekankan analis pertahanan dan militer Connie Rahakundini, latihan bersama negara lain perlu dilakukan mengingat kedudukan Indonesia masih sebagai negara nonblok.

Hal yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan membuat Garuda Dragon Shield dengan China atau Garuda Bear Shield dengan Rusia sebagai perwakilan negara non-coalition of the willing.

"Jadi harus segera KSAD bikin Garuda Bear dan Dragon Shield. Ini sangat penting," kata Connie kepada wartawan, Jumat (6/8).

Di sisi lain, Connie mempertanyakan lokasi gelaran latihan bersama dengan negara asing yang tidak menetap satu lokasi saja.

Karena sepengetahuannya, jika latihan di negara asing, maka tempat latihannya atau tempat kunjungannya hanya di wilayah atau daerah itu-itu saja. Latihan atau kunjungan tidak boleh berpindah alias khusus.

"Karena yang latihan atau kunjungan adalah pasukan militer yang punya segala keahlian dan kecanggihan militer. Sementara di Indonesia, ini datang pasukan besar tersebar ke tiga lokasi sekaligus, alasannya apa dan kenapa?" tanyanya.

Connie membeberkan dalam Garuda Shield 15/2021, tentara dengan seragam US Army itu tidak hanya akan terlihat di Kalimantan Timur, tapi menurutnya juga akan bergerak di Sulawesi Utara dan Lampung.

Di Sulawesi Utara, US Army beredar sekitar Makalisung Kombi, Kabupaten Minahasa, sedangkan di Lampung akan beroperasi di Baturaja. Connie mengatakan, selama ini Indonesia juga pernah latihan bersama dengan US Army.

"Sudah (latihan bersama US Army) tapi enggak pernah rasanya ke tempat-tempat yang tersebar dan bebas," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA