Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rekam Jejak Teruji, Laksamana Yudo Margono Layak Jadi Panglima TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 02 Juni 2021, 15:26 WIB
Rekam Jejak Teruji, Laksamana Yudo Margono Layak Jadi Panglima TNI
Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro/RMOL
rmol news logo Nama Laksamana TNI Yudo Margono santer disebut sebagai calon kuat pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pengamat pntelijen, pertahanan dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengatakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang mulai menjabat 20 Mei 2020 lalu tidak sembarang prajurit TNI AL.

Dalam pandangannya, selama menjadi prajurit di matra Angkatan Laut, tidak ada yang bisa membantah bagaimana loyalitasnya pada negara.

Kata pria yang karib disapa Simon ini, kemampuan dan kecakapan, serta loyalitas adalah sebagian syarat yang harus dimiliki.

"Seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya selalu dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik dan paripurna " tutur Simon kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (2/6).

Menurut Simon, track record ini dibuktikan Yudo bahkan jauh sebelum dirinya menjadi Kasal.

Simon mengamati, saat menjabat sebagai Panglima Koarmada 1 (Pangkoarmada 1), Yudo dengan kesigapannya memimpin Satgas Laut dalam SAR pencarian bangkai pesawat Lion Air JT 160 yang jatuh di perairan Laut Jawa pada tahun 2019.

Kala itu, di mata Simon, kesigapan Satgas di bawah pimpinannya tak butuh lama untuk menemukan serpihan dan CVR pesawat nahas tersebut.

"Kesuksesan pada saat menjabat Pangkoarmada 1 menghantarkannya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 1 (Pangkogabwilhan 1)," tambah Simon.

Sebagai Pangkogabwilhan 1, kata Simon, yang merupakan organisasi baru TNI untuk mengantisipasi tantangan keamanan ke depan, wilayah kewenangannya bukan hanya di laut tetapi meliputi darat, laut dan udara.

Meski tantangan masalah yang dihadapi sangat besar, Simon menilai Yudo dapat menjalani jabatan dengan baik.

"Yudo berada posisi terdepan di kisruh perairan Natuna yang diklaim sebagai wilayah China. Berulang kali ia memerintahkan kapal-kapal TNI untuk melakukan penegakan hukum di wilayah yang masuk hak berdaulat Indonesia tersebut. Sebagai Pangkogabwilhan 1, ia punya pengalaman membawahi AD, AL dan AU," tutur Simon.

Lebih lanjut, Simon menjelaskan bahwa saat virus corona merebak di berbagai penjuru dunia dan Indonesia harus memulangkan WNI dari Wuhan, Yudo kembali dipercaya untuk memimpin proses rehabilitasi di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna.

Tak hanya itu, ABK kapal pesiar yang diobservasi di Kepulauan Seribu juga dikomandoi olehnya.

Pemerintah lalu membangun RSD di Wisma Atlet Kemayoran. Setelah beroperasi, Yudo juga dipercaya memimpin operasional RSD sampai akhirnya diserahkan ke Pangdam Djaya Mayjend TNI Eko Margiyono.

Simon juga mengamati saat Yudo mengomandoi RSD Pulau Galang. Bahkan, saat dirinya menjabat Kasal, perhatian kepada relawan tenaga medis covid-19 di Wisma Atlet terus diberikan.

Hingga pada akhirnya, sebagai apresiasi dan pemenuhan komitmen, Yudo Margono mangangkat relawan covid-19 menjadi prajurit TNI AL.

"Pengalamannya memimpin di jajaran Kogabwilhan 1 membuktikan bahwa Laksamana TNI Yudo Margono adalah seorang prajurit sejati yang dapat mengomandoi lingkup 3 matra. Darat, laut, dan udara," katanya.

Simon mengatakan, Yudo punya keunggulan jika nanti menjadi Panglima TNI untuk mengatasi masalah di tanah air.

Beberapa alasan itu, pertama, pengamanan wilayah laut dan kepulauan dari pencaplokan oleh negara-negara lain. Akibat potensi eskalasi konflik lintas negara di Laut China Selatan ke depan yang cukup tinggi.

Kedua, menurut Simon, adalah visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia perlu dilanjutkan.

Salah satu caranya, tambah Simon, poros Maritim Dunia bisa diraih dengan pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengamanan kepentingan dan keamanan maritim dan memberdayakan potensi maritim untuk pemerataan ekonomi Indonesia.

Ketiga, Yudo dinilai bisa membangun sinergisitas dan soliditas dengan tiga Matra dan Polri.

Keempat, Yudo juga punya pengalaman memimpin penanganan Covid-19. Saat memimpin, Yudo memahami bagaimana perkembangan dunia teknologi kesehatan yang diperuntukkan bagi kekuatan militer.

Artinya, dalam upaya mencegah ancaman biowarfare (perang biologi) ke depan, menurut Simon sosok Yudo sangat diperlukan.

"Dan yang terakhir, tentu saja karena pengalaman serta loyalitasnya yang tak terbantahkan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA