Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Prabowo Terima Kapal Selam KRI Alugoro-405 Buatan PT PAL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 17 Maret 2021, 16:44 WIB
Menhan Prabowo Terima Kapal Selam KRI Alugoro-405 Buatan PT PAL
Prosesi serah terima kapal selam baru milik TNI Angkatan Laut/Ist
rmol news logo Kemampuan anak bangsa dalam mengembangkan alutsista dalam negeri terus mengalami perkembangan positif. Terkini, sebuah kapal selam mampu diproduksi perusahan dalam negeri PT PAL Indonesia.

Kapal selam bernama KRI Alugoro-405 itu telah diserahkan PT PAL kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sebuah prosesi yang berlangsung di Galangan DSME-Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia, Surabaya, Rabu (17/3).

Tampak hadir Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyaksikan secara langsung acara serah terima Kapal Selam ke-3 KRI Alugoro-405.

Kapal Selam KRI Alugoro merupakan buah kerjasama DSME-Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia yang telah berlangsung sejak 26 Desember 2014 lalu dan peletakan lunas pada 30 Mei 2016.

Sementara pengiriman section dari Korea Selatan ke Indonesia dilakukan pada 19 Maret-25 Mei 2017. Kemudian proses pemberian nama Alugoro pada 11 April 2019. Terakhir, penyerahan kepada Pemerintah RI pada 17 Maret 2021.

Nama Alugoro diambil dari salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa yang merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas, dan jujur.

Sebelum nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama Kapal Selam yang didatangkan dari Uni Sovyet yaitu RI Alugoro-406 yang merupakan bagian dari paket pengiriman 12 Kapal Selam Whiskey Class.

Dalam sambutannya Menhan Prabowo Subianto merasa bangga terhadap prajurit TNI, khususnya Angkatan Laut.

“Saya yakin suatu saat nanti kapal selam dari planning atau perencanaan, merakit sampai menjadi kapal selam benar-benar hasil karya anak bangsa Indonesia tanpa campur tangan dari negara asing,” ucapnya, melalui keterangan yang diterima Redaksi, Rabu (17/3).

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Katimlak KKIP Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo Tewu, dan PLT Direktur Utama PT PAL Indonesia Persero Etty Soewardani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA