Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Selam Alugoro-405 Buatan Dalam Negeri Rampung, Menhan Prabowo: Kita Selangkah Ke Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Maret 2021, 13:29 WIB
Kapal Selam Alugoro-405 Buatan Dalam Negeri Rampung, Menhan Prabowo: Kita Selangkah Ke Depan
Acara serah terima kapal selam Alugoro-405/Ist
rmol news logo Kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri telah rampung. Kapal tersebut diberi nama Alugoro-405.

Alugoro-405 merupakan proyek kapal selam dari PT PAL Indonesia, yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan. Di dalamnya juga mengikutsertakan proses Transfer of Technology kepada PT PAL Indonesia.

Alugoro-405 akan diserahterimakan oleh DSME kepada Kementerian Pertahanan, kemudian diserahkan kepada Mabes TNI dan berturut-turut kepada Mabes TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna di PT PAL Indonesia, Surabaya pada Rabu (17/3).

Prosesi serah terima tersebut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang mengapresiasi proyek tersebut sebagai tonggak sejarah industri pertahanan Indonesia untuk memproduksi kapal selam.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan," tegas Menhan Prabowo, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Prabowo menjelaskan, Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.  

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," tambahnya.

Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, ia mengatakan telah memerintahkan seluruh industri pertahanan dalam negeri ikut serta dalam proses modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista) negara.

Pasalnya, menurut Prabowo, banyak alutsista yang dimiliki oleh Indonesia sudah tua dan perlu diremajakan.

“Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknolog-teknolog kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras," tegasnya.

Pengadaan Kapal Selam Alugoro-405 merupakan salah satu program pembangunan kekuatan pertahanan khususnya Matra Laut.

Sebelum Alugoro-405, Kemhan telah menyerahterimakan kapal selam pertama KRI Nagapasa-403 dan kapal selam kedua KRI Ardadedali -404 yang dibangun di Korea kepada TNI AL.

Dengan telah diserahterimakannya Kapal Selam Alugoro-405 ini, Prabowo yakin bahwa kapal selam ketiga pesanan Kemhan tersebut dapat memperkuat Alutsista TNI khususnya di jajaran TNI AL.

Acara serah terima juga turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan Gang Eun-ho, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz, Duta Besar Korea Selatan Park Tae-sung, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Kabaranahan Kemhan RI Marsda TNI Yusuf Jauhari, serta sejumlah pejabat Kemhan dan instansi terkait lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA