Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Rapim TNI-Polri, Komnas HAM: Kekerasan OPM Brutal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 15 Februari 2021, 16:02 WIB
Di Rapim TNI-Polri, Komnas HAM: Kekerasan OPM Brutal
Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM)/Net
rmol news logo Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyoroti tindak kekerasan yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang hingga saat ini masih terus terjadi.

"Komnas HAM akui kekerasan terjadi dari OPM bahkan kadang-kadang sangat brutal," kata Taufan saat menghadiri Rapim TNI-Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2).

Saking brutalnya, kata Taufan, ia sampi meminta agar Pangdam dan Kapolda di Papua tidak mempublikasikannya kepada publik. Taufan khawatir, jika kekerasan yang dilakukan OPM diketahui publik akan terjadi serangan balik dari kelompok masyarakat yang marah akibat kelompok yang ingin memisahkan Papua dari Indonesia itu.

"Saya katakan, jangan dipublikasi sangat sadis. Khawatir ada serangan balik dari kelonpok masyarajat yang marah," tandas Taufan.

Disisi lain, ia mengaku telah meminta kepada pemerintah untuk memberi keleluasaan bagi Komnas HAM untuk melakukan pendekatan dialog kepada tokoh masyarakat dan agama setempat guna menghindari aksi-aksi kekerasan yang akan datang.

"Kami usulkan kelonggaran sedikit keleluasaan dari Komnas HAM. Inisiatif pendekatan dialog dengan pihak tertentu untuk sama-sama Komnas Ham inisiasi dialog," tandas Ahmad Taufan Damanik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA