Perkuat Kemandirian Pertahanan Menuju Indonesia Tangguh Jadi Agenda Utama Rapim Kemhan 2021

Rapim Kemhan 2021 yang dipimpin Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Ist

Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) untuk tahun 2021 yang dilaksanakan secara hyrid selama dua hari, yaitu Senin (11/1) dan Rabu (13/1).

Rapat tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan berpedoman pada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan dihadiri oleh para pejabat Kemhan secara terbatas, sementara peserta lainnya mengikuti secara virtual. Rapim juga dihadiri oleh Para Kepala Staf dan Kasum Mabes TNI serta para Direksi BUMN yang terkait dengan Industri Pertahanan.

Dengan tema "Kemandirian Pertahanan dan Keamanan yang Kuat Mewujudkan Indonesia Tangguh", Rapim Kemhan Tahun 2021 berisi capaian kinerja selama satu tahun terakhir.

Tema yang diambil dalam Rapim Kemhan tahun ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk memperkuat diri menangkal ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan (AGHT), termasuk dengan kemandirian pertahanan.

Jurubicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak menuturkan, kemandirian pertahanan berarti kemampuan untuk semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan alutsista sendiri.

"Hal ini tentunya dengan menggerakkan industri pertahanan dalam negeri dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional," sambungnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Dalam rangka mendukung rencana kerja pemerintah tahun 2021, ia menjelaskan, Kemhan melaksanakan program dan kegiatan terkait dua prioritas nasional yaitu pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, serta mengenai stabilitas, dan tentu tetap mempertimbangkan lingkungan strategis yang sedang berkembang baik regional maupun global.

Pada akhir Rapim, Menhan Prabowo menyerahkan Randis dan Ranpur Maung produksi PT Pindad tahap ke-2, yang diperuntukkan bagi operasi TNI di berbagai wilayah di Indonesia.

Kendaraan yang diserahkan berjumlah 44 unit terdiri dari 40 unit kendaraan Maung buatan PT Pindad (Persero), 4 unit Kendaraan Armour ILSV Jeforce dan 100  unit sepeda motor kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., Kepala Staf TNI  Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Kemhan saat ini juga tengah memesan Rantis Maung sebanyak 500 unit yang diselesaikan secara bertahap oleh PT Pindad (Persero). Itu merupakan upaya Kemhan untuk mendukung peningkatan produksi alutsista dalam negeri, sesuai yang tercantum dalam UU 16/2012 tentang Industri Pertahanan.

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Fakta Dan Dugaan Pelanggaran Kapal China Yang Masuk Ke Perairan Selat Sunda
Keamanan

Fakta Dan Dugaan Pelanggaran..

19 Januari 2021 14:48
Kapal China Masuk RI Lagi, Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kapabilitas Alutsista Dipertanyakan
Keamanan

Kapal China Masuk RI Lagi, K..

18 Januari 2021 15:56
Pemerintah Disarankan Tetapkan OPM Sebagai Organisasi Teroris
Keamanan

Pemerintah Disarankan Tetapk..

18 Januari 2021 00:31
Dirjen Imigrasi Batasi WNA Masuk Indonesia Sampai 25 Januari
Keamanan

Dirjen Imigrasi Batasi WNA M..

15 Januari 2021 19:31
Masyarakat Perlu Pahami Kewaspadaan Nasional Dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi
Keamanan

Masyarakat Perlu Pahami Kewa..

15 Januari 2021 06:33
Perkuat Kemandirian Pertahanan Menuju Indonesia Tangguh Jadi Agenda Utama Rapim Kemhan 2021
Keamanan

Perkuat Kemandirian Pertahan..

13 Januari 2021 17:52
Listyo Sigit Dinilai Penuhi Syarat Sebagai Kapolri, Begini Analisa Nuning Kertopati
Keamanan

Listyo Sigit Dinilai Penuhi ..

13 Januari 2021 14:04
Yon Taifib I Terjunkan 41 Penyelam Dalam Misi Pencarian SJ-182
Keamanan

Yon Taifib I Terjunkan 41 Pe..

13 Januari 2021 07:24