Farah.ID
Farah.ID

Kapolri Perintahkan Usut Tuntas Oknum Brimob Jual Senjata Ke OPM

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 27 Oktober 2020, 09:47 WIB
Kapolri Perintahkan Usut Tuntas Oknum Brimob Jual Senjata Ke OPM
Senjata OPM (ilustrasi)/Net
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menegaskan saat ini tim Propam Polda Papua tengah melakukan penyidikan mendalam terhadap Bripka JH, oknum Brimob yang menjual senjata api kepada Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan oleh Polda Papua," kata Awi kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (27/10).

Awi mengatakan, Kapolri Jenderal Idham Azis telah memberikan atensi khusus untuk megusut tuntas perbuatan tindak pidana itu 

"Bapak Kapolri berkomitmen untuk mengusut tuntas dan menindak tegas siapapun yang terlibat baik anggota dari Polri maupun dari masyarakat," ujarnya.

Bripka JH diringkus tim Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Paskhas dan Satgas Mandala TNI di Bandara Nabire, Papua sesaat setelah pesawat yang ditumpanginya mendarat.

Setelah itu, Bripka JH digiring dan barang bawaannya diperiksa tim gabungan TNI dan petugas Avsec Bandara. Ada dua pucuk senjata api laras panjang ditemukan.

Senjata api itu dibungkus rapi dalam kondisi telah dilepas dari rangkaiannya, kondisinya masih baru dengan jenis senjata serbu M16 dan M4, beserta dua magasin tanpa peluru, dibawa dengan pesawat dengan dokumen resmi melalui rute Jakarta - Makassar - Timika - Nabire
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA