Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Tabur Bunga Di TMP Kalibata, Purnawirawan TNI Hampir Bentrok Dengan Pemuda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 30 September 2020, 20:21 WIB
Usai Tabur Bunga Di TMP Kalibata, Purnawirawan TNI Hampir Bentrok Dengan Pemuda
Aparat TNI sedang apel di TMP Kalibata/RMOL
rmol news logo Puluhan purnawirawan TNI nyaris terlibat bentrok dengan kelompok Aliansi Aktivis Mahasiswa Pemuda Indonesia usai menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu sore (30/9).

Dari video yang beredar, terlihat salah satu kelompok berusaha untuk melakukan provokasi usai para purnawirawan itu melakukan tabur bunga dalam rangka mengingat pembantaian terhadap tujuh jenderal dalam peristiwa G30S/PKI.

Para purnawirawan terlihat geram namun tidak anarkis ketika menyuruh kendaraan sekelompok massa itu balik kanan.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono menjelaskan, bahwa di lapangan sama sekali tidak terjadi bentrok seperti narasi yang beredar di sosial media.

“Nggak ada bentrok, tadi ada acara tabur bunga dari purnawirawan, dan pada saat sudah selesai dan mau pulang ada kelompok yang datang orasi,” kata Budi kepada wartawan, Rabu malam (30/9).

Untuk menghindari bentrok, kedua belah massa dibubarkan oleh aparat TNI Polri yang berjaga di lapangan.

 â€œUntuk mencegah bentrokan pasukan pengamanan gabungan TNI dan Polri membubarkan kelompok yang datang, dan purnawirawan yang telah melaksanakan tabur bunga kembali ke kediaman masing-masing,” demikian Budi.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilakukan sejumlah purnawirawan TNI di Taman Makam Pahlawan Kalibata diikuti oleh sejumlah purnawirawan jenderal TNI seperti Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Laksamana Madya Suharto.

Peziarah diketahui terdiri dari FKPPI, pengacara, Jawara Bela Umat, Bang Japar, dan organisasi lain.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA