Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jubir OPM Benarkan Pimpinannya Tewas Ditembak Satgas Nemangkawi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 20:33 WIB
Jubir OPM Benarkan Pimpinannya Tewas Ditembak Satgas Nemangkawi
Bendera Bintang Kejora dan amunisi yang diamankan oleh Satgas Nemangkawi/Ist
rmol news logo Hengky Wanmang yang sedang bergerilya di rimba Papua bersama puluhan pasukannya berhasil disergap oleh tim gabungan Polri dan TNI yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi dan dinyatakan tewas tertembak dalam operasi gabungan itu.

Hengky yang merupakan Kepala Staf Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM KODAP III Kali kopi Timika ditemukan tewas ditempat dengan senjata api yang masih digenggamnya.

Jasadnya juga terpaksa ditinggalkan oleh puluhan pasukan yang kalang kabut atas penyergapan yang terjadi.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom yang berada di Papua Nugini melalui video konferensinya mengatakan, TNI-Polri telah menembak salah satu pimpinan mereka

"Kami umumkan kepada publik agar mengetahuinya. Demikian laporan ini benar adanya dan manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM bertanggungjawab atas laporan ini," kata Sebby Sambom dalam keterangannya, Selasa (18/8).

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, mengungkapkan bahwa penegakan hukum terhadap kelompok KKB di Distrik Tembagapura sudah dimulai sejak 13 Agustus 2020 dengan melakukan penyelidikan ke markas Kali Kopi.

“Tim gabungan kemudian melakukan penyisiran di sekitar Kali Kopi dan menemukan lokasi persembunyian Hengki Wanmang hingga akhirnya yang bersangkutan tewas tertembak,” ujar Kapolda.

Aparat kemudian mengamankan barang bukti di lokasi yakni satu pucuk senjata api laras pendek jericho, satu pucuk laras pendek rakitan, satu pucuk senjata api laras panjang rakitan, 376 butir munisi, uang tunai Rp 22 juta, serta tiga buah bendera bintang kejora.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA