Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dilantik Sebagai KSAL, Kapasitas Dan Profesionalitas Laksamana Yudo Margono Sudah Terbukti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 21 Mei 2020, 14:04 WIB
Dilantik Sebagai KSAL, Kapasitas Dan Profesionalitas Laksamana Yudo Margono Sudah Terbukti
Laksamana Yudo Margono usai dilantik sebagai KSAL/Net
rmol news logo Presiden Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU, Rabu (20/5).

Merespons pelantikan dua orang tersebut, Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengapresiasi dan menyambut baik.

"Kami sangat mengapresiasi. Beliau Laksamana Yudho dan Marsekal Fadjar itu sudah teruji responsibilitas dan kapabilitasnya. Terbukti dalam tugasnya dan cekatan menghadapi situasi darurat," demikian kata Simon -sapaan akrabnya- Rabu (20/5).

Khusus untuk Laksamana Yudo Margono, Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS) ini menilai, kapasitas dan profesionalitasnya sudah tidak diragukan lagi.

"Banyak sekali hasil-hasil pengabdiannya ketika menjadi Pangarmada I, ataupun saat ini sebagai Pangkogabwilhan I," terang Simon

Simon menjabarkan beberapa prestasi Laksamana Yudo selain berhasil mengamankan Laut China Selatan dan Perairan Natuna dari penyusupan kapal asing dan pelanggaran hukum di wilayah kedaulatan negara Republik Indonesia (NKRI) yaitu berhasil menekan kriminalitas di wilayah laut operasi armada I.

Khusus dalam situasi darurat, awal mula Covid-19 menyebar, Simon mencatat peran besar Laksamana Yudo dalam pemulangan warga negara Indonesia dan Mahasiswa dari Wuhan Tiongkok yang kemudian disusul dengan gerak cepat membangun rumah sakit khusus infeksi covid 19 di pulau Galang, Kepualaun Riau.

"Beliau berhasil membangun Markas Komando Gabungan Wilayah Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang belum lama ini diresmikan," bebernya.

Saat Pangkogabwilhan I dipimpin Laksamana Madya Yudo Margono, ia mengkoordinir Pangkotama Ops TNI membentuk empat Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di empat wilayah yang melibatkan gabungan TNI-Polri, Kementerian/Lembaga dan Relawan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19.

Empat Kogasgabpad tersebut adalah untuk Wisma Atlet Jakarta dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Kogasgabpad Natuna dipimpin Pangkoopsau I Marsda TNI M. Khairul Lubis.

Selanjutnya Kogasgabpad Pulau Sebaru dipimpin Pangkoarmada I Laksda TNI Muhammad Ali, dan Kogasgabpad Pulau Galang dipimpin Pangdam 1/BB Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA