Pandemik Covid-19, Bagaimana Penumpang Bisa Menjaga Jarak Aman Di Dalam Pesawat?

Ilustrasi, kursi pesawat penuh terisi/Net

Bisakah orang dengan aman bersosialisasi jarak jauh di pesawat terbang? Kekhawatiran ini membuat para penumpang membatalkan perjalanan mereka, ketika menyadari pesawat yang akan mereka naiki berisi penuh.

Sekelompok anggota parlemen Demokrat pun menyerukan kepada maskapai penerbangan untuk menawarkan pengembalian uang tunai, bukan hanya voucher perjalanan, kepada pelanggan yang membatalkan penerbangan mereka karena adanya pandemik virus corona. Ini merupakan resiko besar yang harus dihadapi maskapai, di satu sisi mereka berjuang menyeimbangkan pedoman jarak sosial, sisi lain mereka harus menghadapi kelangsungan hidup keuangan mereka.

Calon penumpang mengaku sangat cemas dengan adanya berita tentang penerbangan yang terlalu ramai.

Misalnya saja ada penerbangan dari San Juan ke Miami meninggalkan Puerto Riko pada hari Rabu pagi dengan 145 penumpang, padahal maskapai mengatakan memblokir 27 kursi.

Lalu, dengan kondisi itu bisakah orang dengan aman bersosialisasi jarak jauh di pesawat terbang?

"Itu sebabnya kami meminta semua pelanggan kami untuk memakai masker, karena Anda tahu kapan Anda berada di kursi maskapai bahkan ketika Anda sedang menjaga kursi tengah gratis, Anda tidak akan berada 6 kaki jauhnya dari seseorang," ujar CEO JetBlue Airways Corp, Robin Hayes, seperti dikutip dari CBS News, Rabu (13/5).

Hayes mengatakan JetBlue memblokir hingga 40 persen kursinya. Para awak serta semua yang ada di dalamnya diwajibkan menggunakan masker. "Kami benar-benar tidak memiliki masalah dengan membuat pelanggan kami patuh," kata Hayes. "Ini benar-benar etiket terbang yang baru."

Hayes mengatakan setiap pelanggan yang menolak untuk memakai masker tidak akan bisa naik. Dia juga menjelaskan apa yang akan terjadi jika pelanggan selama penerbangan memutuskan untuk tidak mengenakan masker.

"Jika pelanggan tidak memakai masker, maka dia adalah seseorang yang tidak akan kami izinkan terbang dengan JetBlue lagi," katanya.

Sementara jumlah pelancong telah dua kali lipat sejak titik terendah bulan lalu, itu masih turun 92 persen dari 2019. Maskapai penerbangan AS kehilangan hingga 7 miliar dolar per bulan, kata Airlines for America.

"Ini merupakan ancaman besar bagi industri kami," kata Hayes. "Kita sekarang memasuki bulan ketiga dengan pendapatan nol secara efektif. Kita memiliki tantangan baru di depan kita yang berada di era Covid-19 tentang bagaimana kita membuat orang merasa nyaman bahwa terbang itu aman."

Tidak ada standar federal untuk perjalanan udara. Setiap kebijakan maskapai sedikit berbeda. Sementara itu, semua maskapai membebaskan biaya perubahan, tetapi karena orang memilih untuk terbang, pesawat akan semakin ramai.

Contohnya saja, sekalipun semua kursi tengah diblokir, pesawat 737 masih bisa menampung lebih dari 100 penumpang yang artinya sulit untuk menjaga jarak aman.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

KKB-OPM Papua Dinilai Layak Dikategorikan Teroris
Keamanan

KKB-OPM Papua Dinilai Layak ..

07 Maret 2021 23:56
Kapen Kogabwilhan III Pastikan Korban Kontak Tembak Di Sugapa Adalah KSB Papua
Keamanan

Kapen Kogabwilhan III Pastik..

07 Maret 2021 22:52
Jenazah Kopda Anumerta Dedy Irawan Dimakamkan Di TMP Taman Bahagia Riau
Keamanan

Jenazah Kopda Anumerta Dedy ..

03 Maret 2021 14:38
Marsekal Hadi Terima Kunjungan Letjen Suryo Prabowo
Keamanan

Marsekal Hadi Terima Kunjung..

02 Maret 2021 21:09
Cetak Sniper Terbaik, Yontaifib TNI AL Gelar Latihan Menembak
Keamanan

Cetak Sniper Terbaik, Yontai..

01 Maret 2021 23:18
Satu KSB Meninggal Usai Kontak Senjata Dengan TNI Di Intan Jaya
Keamanan

Satu KSB Meninggal Usai Kont..

28 Februari 2021 12:59
TNI AL Berangkatkan KRI Sultan Iskandar Muda Bawa Kontingen Garuda XXVIII-M Laksanakan Misi Perdamaian Dunia Ke Lebanon
Keamanan

TNI AL Berangkatkan KRI Sult..

27 Februari 2021 23:31
TNI AL Lanal Dumai Tangkap Penumpang Speed Tambang Bawa Narkoba Jenis Sabu
Keamanan

TNI AL Lanal Dumai Tangkap P..

27 Februari 2021 18:18