Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pangkogabwilhan I: RS Khusus Pulau Galang Beroperasi Sesuai Target Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 07 April 2020, 09:58 WIB
Pangkogabwilhan I: RS Khusus Pulau Galang Beroperasi Sesuai Target Presiden
Peresmian Rumah Sakit Khusus Pulau Galang/Net
rmol news logo Rumah sakit khusus bagi pasien Covid-19 di  Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, resmi beroperasi pada Senin (6/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peresmian dilakukan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono.
 
Dalam sambutannya, Pangkogabwilhan I menyampaikan, peresmian operasional rumah sakit khusus ini, sesuai dengan instruksi Presiden RI dari rencana alokasi waktu pembangunan yang diberikan.

Fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi yang dimiliki rumah sakit sudah siap digunakan. Nantinya, operasi rumah sakit akan berada di bawah kendali Pangkogasgabpad wilayah Pulau Galang, yaitu Pangdam I/ Bukit Barisan.
 
Rumah Sakit Khusus pasien Covid-19 di Pulau Galang ini dibangun oleh pemerintah untuk warga Indonesia, terutama bagi pekerja migran yang banyak jumlahnya.

“Tetapi apabila ada pasien rujukan dari rumah sakit daerah di Indonesia akan tetap diterima, termasuk masyarakat yang datang langsung,” tuturnya kepada redaksi, Selasa (7/4).
 
Di hadapan awak media, Laksdya TNI  Yudo Margono mengatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana termasuk tenaga medis dari TNI-Polri, Kemenkes, Pemda dan relawan sudah siap. Jumlahnya mencapai 241 orang, termasuk messing dan tim pendukung.

“Untuk dapur lapangan akan menggunakan tim dari Bekangdam I,” sambungnya.
 
Adapun akses menuju rumah sakit ini juga telah disiapkan 3 buah helipad. Ada juga pelabuhan laut, yang dapat digunakan apabila dalam situasi emergensi.

“Sedangkan untuk screning dilaksanalan di pelabuhan, apabila terindikasi Covid-19 baru  di observasi atau diisolasi di rumah sakit darurat khusus,” demikian Yudo Margono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA