RSUP Persahabatan Tutup Poli Screening Covid-19, Penggantinya Dibuka Posko Konsultasi

Senin, 16 Maret 2020, 16:59 WIB
Laporan: Ahmad Satryo

RSUP Persahabatan/Net

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menutup poli screening khusus penanganan virus corona baru (Covid-19). Awalnya, poli ini dibuka untuk melayani konsultasi masyarakat yang diduga terjangkit.

Direktur Utama (Dirut) RSUP Persahabatan, Rita Rogayah mengatakan, penutupan poli screning didasarkan pada kesalahpahaman yang terjadi di publik. Pasalnya, publik mengira kalau poli ini merupakan poli untuk tes spesimen Covid-19.

"Di kami sudah punya satu poli yang menerima konsultasi, tapi jadi salah (persepsi). Dibilangnya itu screening corona. Salah itu," ujar Rita Rogayah dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (16/3).

Justru, lanjut Rita Rogayah, poli itu awalnya dimaksudkan untuk menerima keluhan dari masyarakat, yang diduga memiliki gejala terjangkit virus corona. Di mana gejala itu adalah batuk-batuk, pilek, demam dan juga lesu.

Karena hal itu kemudian, RSUP Persahabatan mengubah pola pelaporan dengan membuka posko konsultasi Covid-19. Sementara, poli screening sudah ditutup atau ditiadakan.

"Kami cuma konsultasi. Akhirnya kita diskusi, dan kita tidak adakan scereening lagi, tapi buat posko untuk konsultasi," tegas Rita Rogayah.

Adapun untuk waktu siaga posko konsultasi ini, RSUP Persahabatan hanya membukanya selama 12 jam. Yakni, dimulai pukul 08:00 WIB, hingga Pukul 20:00 WIB.

"Posko kami enggak 24 jam, karena kami tenaga kesehatan juga harus menjaga kondisi. Karena kami pikir ini pandemi dan enggak tahu kapan selesainya. Jangan sampai tenaga kesehatan jatuh sakit," ucap Rita Rogayah.

"Jadi karena sudah ada posko, silahkan tanya ke posko, enggak ada lagi screening-screening corona," tambahnya.

Kolom Komentar


Video

SARI MADJID: Ketika Seni | Puisi Hari Ini

Selasa, 07 April 2020
Video

Warung Makar Lieus Sungkharisma Bagi-bagi Makanan Untuk Ojol

Selasa, 07 April 2020
Video

Kisah Perjuangan Sembuh Pasien Positif Corona di Merauke

Selasa, 07 April 2020