Alur Keluar Masuk Makin Ketat, Jokowi Pastikan Kebutuhan Logistik WNI Di Wuhan Berjalan Baik

Selasa, 28 Januari 2020, 06:34 WIB
Laporan: Reni Erina

Jokowi Dalam Rapat Terbatas Saat Kunjungan Ke PT PAL/Setpres

Pemerintah berupaya keras memberi perlindungan dan mencukupi kebutuhan warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini masih berada di Wuhan, China, di mana wabah virus corona menyerang warga di sana.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah melalui KBRI memastikan agar pengiriman bantuan tersebut dapat berjalan dengan baik. Pihak KBRI di Beijing terus menjalin kontak dengan WNI di Wuhan.

“Sementara masih berada di sana. Saya kira KBRI sudah bicara detail, mengikuti. Yang paling rumit memang hal-hal yang terkait logistik karena aturan main untuk masuk ke sana sekarang juga sangat ketat sekali. Yang kedua apalagi kita mengirimkan logistik ini masih dalam proses pendalaman dari KBRI kita agar semua bisa terlayani dan berjalan dengan baik," kata Jokowi saat mengunjungi PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1), dalam siaran pers resmi Istana.

Jokowi kembali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, dan jangan terlalu panik berlebihan.

“Pengawasan di semua bandara kita terutama yang berhubungan dengan flight dari dan ke Tiongkok sudah kita lakukan. Yang paling penting hati-hati dan waspada terhadap gejala yang ada,” ujar Jokowi.

Hingga Senin pagi, Pemerintah China menyatakan, korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi.

Pemerintah telah menutup Kota Wuhan sejak Jumat (24/1) akibat merebaknya virus Corona.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020