Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Kecelakaan Kapal Pinisi, Menhub Perintahkan Perketat Pengawasan Lapangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Januari 2020, 08:14 WIB
Pasca Kecelakaan Kapal Pinisi, Menhub Perintahkan Perketat Pengawasan Lapangan
Kecelakaan Kapal Pinisi/Net
rmol news logo Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk memperketat pengawasan di lapangan, memastikan petugas mengecek kelaikan kapal, dan membuat peta keselamatan angkutan laut, pasca kecelakaan kapal wisata KLM Plataran Pinisi Bali di Baluan Bajo.

Budi juga menekankan bahwa keselamatan pelayaran harus ditingkatkan agar  kecelakaan kapal tidak terjadi lagi.

“Saya sudah mendengar kabar kapal yang membawa beberapa wartawan mengalami musibah dan saya turut prihatin atas kejadian tersebut."

"Alhamdullilah, semua ABK dan wartawan selamat. Saya instruksikan kepada UPP Labuan Bajo dan seluruh jajaran Ditjen Hubla untuk tetap waspada dan meningkatkan keselamatan pelayaran, mengingat cuaca yang masih kurang baik akhir-akhir ini,” demikian pernyataan Menhub Budi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/1).

Budi mengimbau bagi masyarakat yang hendak bepergian agar memastikan kondisi kapal yang akan digunakan. Pastikan kapal dalam keadaan baik karena keselamatan adalah nomor satu dalam bertransportasi baik di laut, darat maupun udara.
Sebelumnya sebuah kapal wisata KLM Plataran Pinisi Bali yang membawa wartawan dan biro pers kepresidenan mengalami insiden terbalik saat berlayar dari dermaga Hotel Plataran menuju ke Pulau Bidadari di Labuan Bajo pada pukul 12.00 WITA.

Berdasarkan keterangan resmi dari Sekretariat Presiden, dalam perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, saat berada di tengah laut, salah satu wartawan yang ikut menyampaikan terjadi perubahan cuaca mendadak yaitu ombak tinggi dan angin kencang sehingga kapal terbalik. Namun, seluruh penumpang dan ABK dipastikan selamat.  

Selang beberapa menit kejadian tersebut tim evakuasi langsung bertindak cepat menyelamatkan 16 penumpang. Proses penyelamatan melibatkan 2 kapal dan 1 speed boat, seperti disebutkan laman Bisnis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA