TNI Buka Kantor Atase Pertahanan Di Iran Untuk Selamatkan WNI

Jumat, 10 Januari 2020, 07:00 WIB
Laporan: Reni Erina

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayor Jenderal Sisriadi/Net

Ekskalasi antara Iran dan Amerika Serikat memanas setelah serangan pesawat nirawak menewaskan komando Pasukan Quds, Qasem Soleimani.

Donald Trump mengklaim serangan tersebut dilancarkan atas perintahnya.

Sebagai aksi balasan, Iran melancarkan serangan rudal yang menyasar dua pangkalan militer tentara AS di Irak pada Rabu (8/1) dini hari. Tak sampai disitu, Iran melanjutkan serangan kedua pada Kamis (9/1) yang menghantam kedutaan besar AS di Irak.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayor Jenderal Sisriadi, mengatakan sudah membantu menyelamatkan dan memberikan perlindungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Iran.

Ia menjelaskan kantor Atase Pertahanan RI di Iran sudah dibuka sebagai tempat perlindungan bagi para WNI.

"Atase pertahanan kita di sana (Iran) melakukan penyelamatan, paling tidak memberikan kontribusi terhadap kedutaan besar kita di sana," kata Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (9/1).

TNI tidak memiliki wewenang untuk melakukan diplomasi guna mendamaikan kedua negara yang tengah bersitegang. Sisriadi mengatakan, kewenangan tersebut dipegang oleh Kementerian Luar Negeri.

"Kita ngga punya legitimasi untuk melakukan diplomasi. Itu urusan pemerintah kita," ungkapnya. Ia berharap konflik antara dua negara tersebut tidak memberikan dampak bagi Indonesia.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Belajar Dari Youtube, Montir Tamatan SD Rakit Pesawat Terbang

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Dewas TVRI Pecat Dirut Helmy Yahya, Maladministrasi Pembelian Program Siaran Liga Inggris

Jumat, 17 Januari 2020