Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prajurit TNI Gugur Terserang Penyakit Malaria Saat Patroli Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 21 Desember 2019, 04:41 WIB
Prajurit TNI Gugur Terserang Penyakit Malaria Saat Patroli Papua
Ilustrasi TNI di Papua/Net
rmol news logo Serorang prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Penegakkan Hukum (Satgasgakkum) TNI-Polri di Papua, Serda RM meninggal dunia, Jumat (20/12).

Ia wafat usai terserang penyakit malaria tropicana di wilayah hutan Distrik Ugimba, Intan Jaya, Papua saat sedang melakukan patroli dalam rangka operasi penegakan hukum mengenai keberadaan KKSB bersama dengan 12 rekannya.

Mereka melakukan penyisiran di wilayah hutan Distrik Ugimba, Intan Jaya, Papua Barat. Kondisi hutan Ugimba yang sangat lebat dan medan geografis yang berat menjadi tantangan bagi prajurit dalam pelaksanaan tugas menegakkan kedaulatan negara.

Serda RM dikenal sebagai salah seorang prajurit yang memiliki kemampuan fisik prima. Sehingga tidak jarang dalam pergerakannya, Serda RM selalu bergerak di depan sebagai pengintai.

Namun pada hari ke-5 tugas patroli di hutan, kondisi fisik RM mulai menurun karena penyakit malaria tropicana yang mengerogoti tubuhnya sejak beberapa bulan lalu.

Sekitar tiga hari lamanya, Serda RM bertahan melawan serangan malaria, sementara perjalanan harus tetap dilanjutkan. Seluruh beban ransel di punggungnya terpaksa harus dibawakan rekannya, sementara terbatasnya obat dan sarana kesehatan makin memperparah kondisinya.

Pada Jumat, sekitar pukul 08.00 WIT, Serda RM mengembuskan nafas terakhirnya di tengah-tengah kerumunan rekan seperjuangan.

Saat ini, pihak TNI melaksanakan proses evakuasi jenazah menggunakan Helly Bel 412 milik penerbad TNI AD. Jenazah akan dievakuasi ke RSUD Timika untuk perawatan dan autopsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA