Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analis Intelijen: Papua Aman 1 Desember Karena Kerja Senyap BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Rabu, 04 Desember 2019, 00:30 WIB
Analis Intelijen: Papua Aman 1 Desember Karena Kerja Senyap BIN
Peta Papua dan Papua Barat/Net
rmol news logo Setelah beberapa aksi massa pada Agustus dan September 2019 sebagai rentetan kejadian di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, pada 1 Desember 2019 Papua justru aman.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal ini cukup mengejutkan karena biasanya pada 1 Desember kelompok separatis Papua dan Papua Barat melakukan demonstrasi termasuk aksi kekerasan. 1 Desember kerap disebut sebagai "HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM)".

Analis intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta mengatakan, stabilnya Papua bahkan amannya Papua pada 1 Desember karena peran intelijen terutama BIN yang berhasil dalam operasi untuk menciptakan Bumi Cenderawasih yang aman dan damai.

"Kepala BIN Budi Gunawan tipikal kerja senyap, tapi tuntas. Bukan hanya masalah Papua tetapi pasca Pilpres hingga pelantikan Presiden yang aman dan damai kemarin karena tangan dingin Budi Gunawan," ujar Stanislaus, Selasa (3/12).

Selanjutnya, Stanislaus menjelaskan bahwa BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan berperan sangat signifikan dalam menciptakan situasi negara yang aman dan damai, termasuk dari sisi politik dan budaya.

Selain itu, hubungan Budi Gunawan yang baik dengan institusi lain seperti Polri dan TNI cukup bermanfaat dalam kolaborasi antar institusi negara dalam menciptakan situasi kondusif.

"Tidak perlu meragukan kepemimpinan Budi Gunawan sebagai kepala BIN. Meskipun jarang terekspos itulah ciri khas intelijen, bekerja dalam senyap, namun berhasil tuntas," tutup Stanislaus, kandidat doktoral di Univesitas Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA