Analis Intelijen: Papua Aman 1 Desember Karena Kerja Senyap BIN

Rabu, 04 Desember 2019, 00:30 WIB
Laporan: Ruslan Tambak

Peta Papua dan Papua Barat/Net

Setelah beberapa aksi massa pada Agustus dan September 2019 sebagai rentetan kejadian di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, pada 1 Desember 2019 Papua justru aman.

Hal ini cukup mengejutkan karena biasanya pada 1 Desember kelompok separatis Papua dan Papua Barat melakukan demonstrasi termasuk aksi kekerasan. 1 Desember kerap disebut sebagai "HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM)".

Analis intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta mengatakan, stabilnya Papua bahkan amannya Papua pada 1 Desember karena peran intelijen terutama BIN yang berhasil dalam operasi untuk menciptakan Bumi Cenderawasih yang aman dan damai.

"Kepala BIN Budi Gunawan tipikal kerja senyap, tapi tuntas. Bukan hanya masalah Papua tetapi pasca Pilpres hingga pelantikan Presiden yang aman dan damai kemarin karena tangan dingin Budi Gunawan," ujar Stanislaus, Selasa (3/12).

Selanjutnya, Stanislaus menjelaskan bahwa BIN di bawah kepemimpinan Budi Gunawan berperan sangat signifikan dalam menciptakan situasi negara yang aman dan damai, termasuk dari sisi politik dan budaya.

Selain itu, hubungan Budi Gunawan yang baik dengan institusi lain seperti Polri dan TNI cukup bermanfaat dalam kolaborasi antar institusi negara dalam menciptakan situasi kondusif.

"Tidak perlu meragukan kepemimpinan Budi Gunawan sebagai kepala BIN. Meskipun jarang terekspos itulah ciri khas intelijen, bekerja dalam senyap, namun berhasil tuntas," tutup Stanislaus, kandidat doktoral di Univesitas Indonesia.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Anggaran Pertahanan Indonesia Paling Kecil di Asia Tenggara, Ini Kata Prabowo

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Namanya Disebut Dalam Sengketa BUMN, Luhut: Saya Tumbuk Mulutnya!

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Detik-detik Petugas BPBD Demak Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Rabu, 04 Desember 2019