Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penikaman Wiranto Harus Jadi Momentum Nasional Lawan Terorisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 12 Oktober 2019, 05:03 WIB
Penikaman Wiranto Harus Jadi Momentum Nasional Lawan Terorisme
Direktur Eksekutif Setara Institue, Ismail Husaini/RMOL
rmol news logo Insiden penikaman terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto menjadi perhatian berbagai kalangan. Usulan upaya penguatan pertahanan negara untuk melawan penyebaran paham ekstrem yang berujung aksi terorisme semakin massif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Setara Insitute, Ismail Hasani menyatakan, bahwa insiden penikaman Wiranto harus jadi momentum penguatan ketahanan warga melawan terorisme.

Serangan terhadap Wiranto, kata Ismail, harus dibaca sebagai serangan terhadap negara, yang menimbulkan efek berlapis dan memperpanjang usia keresahan di tengah masyarakat.

"Aparat keamanan mesti meningkatkan kewaspadaan dengan mengantisipasi konsolidasi sel-sel tidur dan aksi teror yang memanfaatkan berbagai momentum politik nasional.

Meski demikian, pengajar UIN Syarif Hidayatullah ini menekankan bahwa tidak boleh ada penundukan gerakan sipil yang mengkritik pemerintah dengan isu intoleransi dan radikalisme.

"Antisipasi ini dilakukan dengan tidak melakukan generalisasi termasuk penggunaan isu intoleransi dan radikalisme sebagai alat penundukkan gerakan sipil yang melakukan koreksi atas sejumlah kekeliruan kebijakan sejumlah elemen negara," tandasnya.

Setara Institute tegas Ismail, mengutuk segala bentuk terorisme dan ekstremisme kekerasan (violent extremism) serta penggunaan doktrin ideologis apapun untuk mengganggu dan merusak tatanan hidup bersama bangsa dan negara.

"Terorisme merupakan ancaman nyata. Pemerintah harus selalu menyiagakan dan memobilisasi sumber daya yang memadai untuk mencegah dan menangani ekspresi puncak ekstremisme kekerasan tersebut, demi menjaga dan melindungi keselamatan seluruh warga negara," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA