Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tribuana Dive Center, Kolam Standar Internasional TNI Diresmikan Danjen Kopassus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 11 Oktober 2019, 23:47 WIB
Tribuana Dive Center, Kolam Standar Internasional TNI Diresmikan Danjen Kopassus
Komandan Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa/Ist
rmol news logo Kolam Selam Tribuana Kopassus yang memiliki standar internasional akhirnya diresmikan.

Kolam yang berdampingan dengan kolam renang Tirta Yudha di Jalan RA Fadillah, Cijantung, Jakarta Timur, ini diresmikan langsung oleh Komandan Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Jumat (11/10).

Memiliki kedalaman 16 meter, kolam ini dibalut dengan arsitektur yang sangat kokoh di atas lahan seluas 800 meter persegi. Tribuana Dive Center (TDC) ini adalah sarana latihan selam dalam rangka mendukung tugas pokok Kopassus menjadi prajurit profesional dalam bidang selam militer.

TDC ini juga diharapkan dapat melahirkan peselam-peselam andal dan berkarakter serta mampu bersaing di kancah internasional.

“Itulah sebabnya Kopassus memandang perlu untuk melakukan kerja sama dengan PT Aksara Dirga, saya berharap dengan adanya Tribuana Dive Center ini dapat mencetak penyelam-penyelam sipil profesonalisme dan berkarakter yang bisa bersaing di internasional," kata Danjen Kopassus dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

TDC ini dikelola oleh Koperasi Tribuana V Satuan 81 Kopassus yang bekerja sama dengan PT Aksara Dirga. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat menunjang kesejahteraan prajurit serta mendukung pemeliharaan kolam selam yang biayanya cukup mahal.

Diharapkan, pengelola dan personel anggota lainnya dapat memanfaatkan dan merawat TDC dengan baik agar memiliki nilai guna optimal dalam meningkatkan kualitas penyelam.

Sebab, jelas Mayjen I Nyoman, bangunan beserta sarananya akan kehilangan makna, jika tidak dimanfaatkan dan dipelihara sebagaimana mestinya.

“Selaku Komandan Jenderal Kopassus dan pribadi, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah turut serta mewujudkan TDC ini. Semoga amal baik dan karya yang telah kita tunjukkan mampu memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kemampuan selam prajurit Kopassus dan sipil," tandasnya.

Dalam peresmian tersebut, hadir pula Ketua Possi Jakarta, Ketua Putra Putri Bahari, Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Ibu Tri Tito Karnavian, Ketua Dauphin Diving Club, Kompol Raden Haris, Miss Scuba Indonesia, Komunitas Penyelam Profesional Perempuan Indonesia, Indonesia Diver Community, Sanny Limbunan dan Johanes Tiro, Komunitas Peduli Laut, para Pamen Ahli Danjen Kopassus, Asisten Danjen Kopassus, Dansat Kopassus, dan para Kabalak Kopassus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA