Angkut Pengungsi Ke Wamena, TNI Siapkan Heli Dan Hercules

Rabu, 09 Oktober 2019, 11:13 WIB
Laporan: Diki Trianto

Panglima bersama Menkopolhukam, Menkes dan jajaran meninjau pengungsian di Jayawijaya/Ist

Pengungsi yang akan kembali ke Wamena dan beberapa lokasi di Papua akan difasilitasi Tentara Nasional Indonesia. Beberapa pesawat Hercules dan helikopter pun sudah disiapkan.

Hal itu disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengunjungi pengungsi bersama Menkopolhukam, Wiranto dan beberapa jajaran di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (9/10).

Panglima menegaskan, saat ini kondisi keamanan di Wamena sudah berangsur kondusif. Dalam kunjungannya, para pengungsi berharap dapat kembali ke rumah masing-masing.

“Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan helikopter milik TNI,” jelas Marsekal Hadi.

Setidaknya, TNI akan menyiapkan tiga Hercules di Jayapura untuk mengangkut pengungsi untuk kembali ke Wamena.

“Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan helikopter, nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena,” terangnya.

Di sisi lain, TNI bersama Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di Wamena, termasuk juga yang berada di Oksibil serta ilaga dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

Selain Wiranto, kunjungan tersebut juga dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Djuwita F. Moeloek; Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita; Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab; dan Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Pemkot Semarang Bakal Bangun Transportasi Kereta Dalam Kota

Jumat, 11 Oktober 2019
Video

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Minggu, 13 Oktober 2019
Video

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Minggu, 13 Oktober 2019