309 Warga Minang Telah Tinggalkan Papua

Senin, 30 September 2019, 11:47 WIB
Laporan: Raiza Andini

Wagub Sumbar Nasrul Abit saat berkunjung ke Wamena/Net

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan saat ini masih ada ratusan warga Minang yang berada di tenda-tenda pengungsian paska insiden kerusuhan anarkis beberapa hari terakhir.

Nasrul mendapatkan informasi terkini mengenai data pengungsi dan korban kerusuhan di Papua. Sebanyak 981 warga Minang telah mengungsi ke tempat aman dan meninggalkan rumah mereka.

“Terdata 981 orang perantau Minang berdomisili di Wamena. 672 orang di antaranya masih berada di Papua, 309 orang dikabarkan sudah meninggalkan Papua,” ucap Nasrul lewat siaran persnya, Senin (30/9).

Nasrul menjelaskan sejauh ini kebutuhan logistik terus mengalir di sejumlah pengungsian di wilayah Wamena dan Oksibil, bantuan itu datang dari organisasi kelompok warga Minangkabau.

“Bantuan terus mengalir berasal dari persatuan-persatuan perantau Minang seluruh Indonesia, Pemprov Papua, Pemkot Pemkab Jayapura dan TNI serta Polri,” jelasnya.

Pihaknya meminta warga Minang agar senantiasa menjaga diri dan waspada lantaran hingga saat ini kondisi Papua belum dipastikan kondusif.

“Saya berharap pihak aparat keamanan bertindak tegas untuk menjaga keamanan masyarakat. Saya minta perantau Minang dan seluruh warga di Wamena, tetap waspada dan hati-hati,” tutupnya.

Kolom Komentar


Video

Pemkot Semarang Bakal Bangun Transportasi Kereta Dalam Kota

Jumat, 11 Oktober 2019
Video

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Minggu, 13 Oktober 2019
Video

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Minggu, 13 Oktober 2019