Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Putra Suku Kanum Jadi Prajurit TNI, Masyarakat Gelar Syukuran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 15 September 2019, 15:26 WIB
Tiga Putra Suku Kanum Jadi Prajurit TNI, Masyarakat Gelar Syukuran
Syukuran adat pelantikan tiga Putra Suku Kanum/Repro
rmol news logo Suasana sakral dan penuh suka cita terasa saat anggota Pos Yanggandur Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad mengikuti acara syukuran adat atas dilantiknya tiga putra asli Suku Kanum sebagai Prajurit TNI-AD.

“Di Kampung Yanggandur telah dilaksanakan acara syukuran adat yang digelar oleh Suku Kanum atas keberhasilan tiga putra asli Suku Kanum yang telah resmi dilantik menjadi Prajurit TNI-AD,” ujar Komandan Satgas (Dansatgas) Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Pamtas RI-PNG) Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (14/9).

Syukuran adat tersebut digelar selama 12 jam yang dimulai sejak pukul 18.00 WIT dan berakhir pada pukul 06.00 WIT. Dalam kegiatan ini, lima anggota Pos Yanggandur turut serta dalam rangkaian acara syukuran adat tersebut.

Prosesi  adat diawali dengan iring-iringan menuju halaman rumah sambil menari Karamo, bernyanyi, dan memainkan alat musik Tifa dengan memegang obor dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Suku Kanum, Jeremias Dimar.

“Keharmonisan warga dan Satgas yang terlihat dalam syukuran adat merupakan salah satu bukti kelestarian ragam budaya di Tanah Papua,” ucapnya.

Adapun ketiga putra asli Suku Kanum yang dilantik adalah Prada Florentinus Mayua, Prada Yosep Mbanggu, dan Prada Yohanes Ndiken.

Dalam syukuran adat ini, disematkan mahkota kepala sebagai tanda melepas ketiga prajurit untuk mengabdi kepada negara sekaligus mendoakan selalu sukses dalam menjalankan tugas.

"Kami semua sangat bahagia, Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad adalah bagian dari keluarga kami," kata Bapak Kepala Suku Kanum, Jeremias Dimar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA