Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Pesawat Pemadam Karhutla Kalteng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 14 September 2019, 05:40 WIB
Panglima TNI Tinjau Kesiapan Pesawat Pemadam Karhutla Kalteng
Panglima TNI Hadi Tjahjanto (kanan)/Net
rmol news logo Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serius dalam membantu upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Indonesia.

Pada Jumat (13/9), Hadi ditemani KSAU Marsekal Yuyu Sutisna dan Wakil KSAU Marsdya Fahru Zaini Isnanto meninjau langsung penyiapan alutsista berupa satu unit pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla wilayah Kalimantan Tengah.

Peninjauan dilakukan di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
 
Hadi menguraikan  bahwa pesawat yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma ini tengah dipasangi sejenis konsul tambahan.

“Pemasangan konsul tersebut bertujuan agar pesawat nantinya mampu melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), yaitu menurunkan hujan buatan di wilayah yang terdampak akibat Karhutla,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.
 
Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa satu unit pesawat C212 Casa telah beroperasi di wilayah Pekanbaru, Riau untuk melaksanakan pemadaman Karhutla. Pesawat ini berasal dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.
 
“Saat ini pesawat tersebut sedang menjalani Period Inspection 100 (Perawatan Berkala Setiap 100 Jam) dan diharapkan pesawat ini dapat diberangkatkan pada hari Minggu besok,” ucapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA