Target Polri, Rusuh Papua Tuntas Sebelum Ulang Tahun OPM

Sabtu, 07 September 2019, 01:56 WIB
Laporan: Idham Anhari

Kerusuhan Papua/Net

Kepolsian Negara Republik Indonesia (Polri) bakal mengungkap tuntas peristiwa rusuh yang terjadi di Papua dan Papua Barat sebelum 1 Desember bertepatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Kalau enggak tuntas nanti akan terjadi lagi kejadian seperti ini (rusuh) dan tentunya beberapa kalender mereka sudah sampai 1 Desember, itu harus betul-betul diantisipasi aparat keamanan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/9).

Jika tidak segera dituntaskan, kelompok yang mengondisikan Papua akan terus menciptakan gejolak. Bahkan sebelum 1 Desember nanti, lanjut Dedi, kelompok yang sengaja menyeting Papua bergejolak juga menargetkan agenda-agenda internasional seperti sidang HAM PBB di Jenewa, Swiss dan sidang umum PBN di New York.

“Agenda seting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme diangkat kelompok tersebut,” urai Dedi.

Padahal, dalam sidang-sidang tersebut sama sekali tidak mengagendakan hal yang demikian.

Sementara itu, Polri enggan terburu-buru menyebut aktor di balik semua itu. Seban dalam penyelidikan, Polri memiliki prinsip kehati-hatian karena harus sesuai dengan fakta hukum yang ada.

“Dan tentunya (penyelidikan) enggak sendiri, melainkan melibatkan stakeholder terkait, seperti Kementerian Luar Negeri dan berbagai macam pihak yang mendukung penegakan hukum,” demikian Dedi.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019
Video

Golkar Perlu Proyeksikan Politik Urban di 2024

Minggu, 22 September 2019
Video

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Minggu, 22 September 2019