Polri: Korban Tewas Rusuh Deiyai Hanya 3 Orang, Bukan 7

Senin, 02 September 2019, 21:15 WIB
Laporan: Idham Anhari

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo/Net

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo membantah kabar korban jiwa kerusuhan di Deiyai, Papua berjumlah hingga 7 orang. Menurutnya, dari laporan yang didapat, korban jiwa hanya 3 orang.

"Masih tetap, 2 dari warga sipil, 1 TNI gugur, 2 TNI luka, kemudian berapa anggota Polri yang terluka juga," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (2/9).

Meski begitu, Dedi menyampaikan saat ini Polda Papua dan Polda Papua Barat masih terus melakukan pendataan atas kerusakan dan jumlah korban jiwa yang ditimbulkan oleh kerusuhan di sejumlah lokasi.

Di sisi lain, puluhan orang telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga berperan sebagai perusuh. Para tersangka ini berasal dari berbagai wilayah, seperti Jayapura, Timika, Manokwari, dan lain sebagainya.

"Untuk saat ini, dari hasil pemeriksaan yang kemarin diinformasikan 30 orang,, sekarang 28 yang sudah ditetapkan (tersangka)," tegas Dedi.

Namun, Dedi tidak menjelaskan para tersangka ini didominasi oleh mahasiswa atau warga biasa yang mengikuti demo. "Campuran. Enggak bisa sedetail itu," imbuhnya.

Hanya saja Dedi memastikan para tersangka ini berasal dari provokator maupun massa yang diprovokasi oleh oknum perusuh.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019
Video

Golkar Perlu Proyeksikan Politik Urban di 2024

Minggu, 22 September 2019
Video

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Minggu, 22 September 2019