Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi Papua Dan Papua Barat Kondusif, Pemerintah Perbaiki Fasilitas Publik Yang Rusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 02 September 2019, 17:59 WIB
Situasi Papua Dan Papua Barat Kondusif, Pemerintah Perbaiki Fasilitas Publik Yang Rusak
Salah satu gedung di Abepura yang dibakar perusuh/Istimewa
rmol news logo Situasi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif, pemerintah kini tengah memperbaiki fasilitas publik yang rusak serta melakukan pembersihan puing-puing pasca kerusuhan yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

"Perintah presiden untuk segera melakukan perbaikan terhadap objek yang rusak itu sudah mulai dilaksanakan," ucap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan di Gedung Kementerian Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

Wiranto menjelaskan, tahap yang pertama akan dilakukan pemerintah ialah melakukan pembersihan terhadap puing-puing pasca kerusuhan.

"Tahap pertama pembersihan puing-puing. Kemudian membangun kembali gedung agar dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari seperti sebelum terjadi kekacauan di Papua," jelasnya.

Untuk kerusakan fasilitas publik di Papua Barat, Wiranto mengatakan, kondisi sudah kondusif dan aktivitas telah berlangsung normal.

"Langkah yang diambil sudah ada deklarasi damai antara Forkopimda dengan tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat. Penambahan kekuatan juga dilakukan untuk semata-mata melindungi masyarakat dan fasilitas umum dari kerusakan," katanya.

Wiranto menambahkan, Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah bertandang ke Papua dan Papua Barat untuk memastikan kondisi benar-benar kondusif.

"Panglima dan Kapolri melakukan aktifitas di Papua dan Papua Barat kurang lebih sepekan untuk mengawasi, mengendalikan situasi disana agar bisa pulih," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA