Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kiai Maruf Amin: Atasi Konflik Papua Tidak Hanya Dengan Keamanan Tapi Pendekatan Budaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 29 Agustus 2019, 03:32 WIB
Kiai Maruf Amin: Atasi Konflik Papua Tidak Hanya Dengan Keamanan Tapi Pendekatan Budaya
Kiai Maruf Amin/RMOL
rmol news logo Wakil Presiden terpilih Kiai Maruf Amin, angkat bicara terkait konflik yang terjadi di Papua. Maruf berpesan tidak hanya kepada rakyat Papua namun  juga seluruh rakyat Indonesia untuk saling menjaga keutuhan bangsa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kita upayakan pendekatan yang lebih mengena," ujarnya saat ditemui di acara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Hotel Sari Pacific Jakarta, Rabu (28/8).

"Yaitu tidak hanya pendekatan-pendekatan keamanan tapi juga pendekatan budaya sehingga ada rasa keutuhan dan kesatuan," sambung Maruf.

Maruf menambahkan, apa yang saat ini menjadi masalah di Papua perlu dan wajib untuk didiskusikan. "Jadi tidak boleh ada separatisme dan fanatisme kedaerahan yang berlebihan," kata Maruf.

Saat ditanya wartawan apakah dirinya akan mengunjungi Papua untuk ikut meredam situasi disana, Maruf mengatakan hal itu masih direncanakan.

"Nantilah kalau sudah dilantik ya. Sekarang kan belum dilantik, masih ada wapresnya," tutup Maruf dengan tersenyum.

Untuk diketahui proses pemulihan keamanan di Papua masih terus diupayakan. Presiden Jokowi dalam keterangannya pun sudah mengajak pihak-pihak yang terlibat untuk saling memaafkan.

Pejabat terkait dan aparat sudah melakukan dialog untuk mencari solusi pasca insiden di Papua itu. Terbaru, Gubernur Papua Lukas Enembe menjadwal ulang untuk bertemu dengan mahasiswa Papua yang ada di asrama Jalan Kalasan, Surabaya. Sebelumnya kunjungan Lukas Enembe ditolak oleh mahasiswa asal Papua yang tinggal di asrama Jalan Kalasan, Surabaya. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA