Kapendam Cenderawasih Duga Kelompok Sparatis Di Pasar Jibama Pimpinan Egianus Kogoya

Jumat, 23 Agustus 2019, 19:37 WIB
Laporan: Raiza Andini

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryanto/Net

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryanto menyampaikan, satu orang dari kelompok bersenjata yang tewas di Pasar Jibama, Wamena, sekira pukul 10.45 WIT, Jumat (23/8) merupakan kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

“Satu orang anggota KSB yang diduga dari kelompok pimpinan Egianus Kogoya tewas ditembak oleh tim Patroli Gabungan TNI/Polri di Pasar Jibama, Kampung Hetuma Distrik Hubikiak, Jayawijaya,” tutur Kapendam lewat keterangan persnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (23/8).

Pihaknya menjelaskan, peristiwa itu bermula ketika petugas gabungan melakukan patroli guna situasi kondusif pasca terjadinya kerusuhan beberapa waktu lalu.

Saat berpatroli, kelompok separatis bersenjata sebanyak lima orang melakukan tembakan kepada aparat keamanan dan membuat warga sekitar panik di Pasar Jibama.

"Kelompok ini melakukan aksi gangguan keamanan atau teror di Pasar Jibama dengan menodongkan senjata kepada masyarakat dan sempat melepaskan tembakan ke arah Tim Patroli Gabungan yang sedang patroli,” jelasnya.

Setelah itu, lima pelaku berusaha melarikan diri setelah melihat Tim Patroli Gabungan TNI-Polri. Satu orang pelaku berusaha melarikan diri dengan bersembunyi di dalam kendaraan angkot jenis Kijang Nopol DS 7227 BB yang selanjutnya berhasil dilumpuhkan oleh Tim Patroli Gabungan.

“Setelah melumpuhkan satu orang pelaku, petugas juga mendapatkan amunisi aktif dan empat butir selongsong amunisi dari tangan pelaku,” tambahnya.

Pada saat melakukan pengejaran, satu orang anggota Polres Jayawijaya atas nama Ipda Iwan terkena tembakan di paha dan 1 orang anggota Pospol Jibama mengalami luka tembak di perut. Saat ini merekasedang dalam penanganan medis.

“Sampai dengan saat ini masih dilakukan pengejaran terhadap 4 orang pelaku yang melarikan diri. Untuk mengantisipasi aksi teror pasca insiden tersebut, aparat TNI-Polri wilayah Kodim 1702/Jayawijaya melaksanakan siaga 1,” tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019
Video

Golkar Perlu Proyeksikan Politik Urban di 2024

Minggu, 22 September 2019
Video

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Minggu, 22 September 2019